Read Microsoft Word - Glossary ODST 2006.doc text version

Pemantauan Partisipatif Program CB ACCESS

Glossary ODST

Pengertian Akuntabilitas (Tanggung gugat) Penggunaan sumberdaya (dana, perelatan, pengetahuan/informasi, waktu) untuk kerja-kerja/kegiatan yang dilaksanakan organisasi dapat dipertanggungjawabkan sesuai tujuan dan peruntukkannnya. (Dalam konteks OMS, maka harus dapat dipertanggungjawabkan bahwa penggunaan sumberdaya oleh organisasi digunakan sebesar-besarnya untuk perwujudan hak-hak dasar rakyat baik Ecosoc maupun Sipol. Dalam contoh program ACCESS bahwa penggunaan sumberdaya harus dapat dibuktikan bahwa sebesar-besarnya untuk penanggulangan kemiskinan, keadilan dan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan). Landasan hukum yang menjelaskan status badan hukum organisasi bersangkutan. (Misal: bentuk Yayasan, Perkumpulan, Asosiasi, Perseroan Terbatas, dll). Masalah-masalah penting dan mendesak yang harus ditanggani organisasi periode waktu tertentu untuk perubahan sosial yang dicita-citakan sesuai visi dan nilai-nilai organisasi. Kemampuan organisasi mengelola dan mengembangkan sumberdaya untuk keberlanjutan program dan kehidupan organisasi sesuai visi dan nilai-nilai organisasi. Sistem perencanaan, pemanfaatan, dan pengelolaan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan organisasi secara tepat. Sistem perencanaan, pemanfaatan, pengelolaan, analisis biaya dan pelaporan keuangan organisasi untuk pencapaian tujuantujuan program dan organisasi secara efektif dan efisien. Sistem dan perangkat yang mengatur mekanisme dan proses perencanaan, pelaksanaan/implementasi, monitoring, evaluasi, penganggaran/budgeting, dan pelaporan yang dijalankan suatu organisasi. Sistem perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dan pelaporan program untuk pencapaian tujuan-tujuan organisasi secara efektif. Manajemen Strategik merupakan suatu perangkat/alat (tools) untuk mengelola perubahan sosial dengan mendasarkan pada pengelolaan 4 faktor penting dalam organisasi, yakni: (a) Perencanaan strategik, (b) Struktur organisasi, (c) Sumberdaya yang dibutuhkan, dan (d) Kontrol strategik.

Bentuk organisasi

Isu-isu Strategis

Keberlanjutan lembaga/organisasi Manajemen informasi

Manajemen Keuangan

Manajemen Organisasi

Manajemen program

Manajemen Strategik

Glossary ODST 2006 03/11/2006 -

-1-

Pemantauan Partisipatif Program CB ACCESS

Manajmen SDM

Sistem perencanaan dan pengelolaan ketenagaan dan pengembangan kapasitas sumberdaya manusia untuk pencapaian tujuan-tujuan program dan organisasi. Acuan normatif yang dijadikan landasan atau dipegang teguh organisasi dalam mewujudkan visi dan menjalankan misinya. Adalah organ Yayasan yang mempunyai kewenangan yang tidak diserahkan kepada Pengurus atau Pengawas. Kewenangan Pembina adalah: a. keputusan mengenai Anggaran Dasar b. pengangkatan dan pemberhentian angota Pengurus dan Pengawas c. penetapan kebijakan umum yayasan berdasarkan Anggaran Dasar yayasan d. pengesahan proram kerja dan rancangan anggaran tahunan Yayasan e. penetapan keputusan mengenai penggabungan atau pembubaran Yayasan Adalah organ Yayasan yang bertugas mrelakukan pengawasan serta memberi nasihat kepada Pengurus dalam menjalankan kegiatan Yayasan. Adalah organ yayasan yang melaksanakan kepengurusan Yayayasan: a. Pengurus Yayasan bertanggung jawab penuh atas kepengurusan Yayasan untuk kepentingan dan tujuan Yayasan serta berhak mewakili Yayasan baik di dalam maupun di luar Pengadilan b. Setiap Pengurus menjalankan tugas dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab untuk kepentingan dan tujuan Yayasan c. Dalam menjalan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Pengurus dapat mengangkat dan memberhentikan Pelaksana kegiatan Yayasan. d. Ketentuan mengenai syarat dan tata cara pengangkatan dan pemberhentian Pelaksana kegiatan Yayasan diatur dalam Anggaran Dasar yayasan. e. Setiap Pengurus bertanggung jawab penuh secara pribadi apabila yang bersangkutan dalam menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar, yang mengakibatkan kerugian yayasan atau pihak ketiga Proses penyusunan perencanaan program secara parisipatoris untuk perubahan sosial melalui analisis dan langkah-langkah strategis: perumusan visi dan misi organisasi, analisis peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan internal organisasi dan isu-isu strategis/prioritas arah perubahan yang akan dicapai organisasi selama periode waktu tertentu.

Nilai-nilai organisasi Pembina

Pengawas Pengurus

Perencanaan Strategis

Glossary ODST 2006 03/11/2006 -

-2-

Pemantauan Partisipatif Program CB ACCESS

Posisi organisasi terhadap isu-isu strategis Standard operating procedures (Standar Prosedur Oparasional) Strategi

Tidak jelas apa maksud pernyataan ini konteksnya dengan ODST? Pedoman-pedoman baku yang ditetapkan organisasi untuk pelaksanaan program dan jalannya organisasi Pilihan cara dan taktik yang efektif untuk melaksanakan program dan jalannya organisasi serta keberhasilan tujuantujuan program dan organisasi secara keseluruhan. Diagram yang mengambarkan bagaimana kewenangan, fungsi, dan tugas-tugas pokok diantara badan-badan/organ diatur dalam organisasi. Pengaturan dalam organisasi menyangkut pembagian dan pemisahan kewenangan dan fungsi pokok organisasi yang meliputi: kewenangan dan fungsi penetapan kebijakan umum dan atau produk-produk legislasi; pelaksanaan program (eksekusi); dan pengawasan atau kontrol. Prinsip keterbukaan OMS sebagai organisasi publik atas kerja/kegiatan yang dilakukan, sumberdaya yang digunakan termasuk dana kepada publik. Dalam soal keuangan, bagi OMS diwajibkan melakukan audit yang dilakukan oleh akuntan publik terdaftar sesuai yang diatur dalam UU yayasan. · Visi: cita-cita atau pandangan organisasi ke depan menyangkut perubahan (sosial) yang diinginkan. · Misi: cara-cara yang akan ditempuh organisasi dalam upayanya mewujudkan visinya.

Struktur/bagan organisasi Tata Kepengurusan

(Governance)

Transparansi

Visi dan Misi

Glossary ODST 2006 03/11/2006 -

-3-

Information

Microsoft Word - Glossary ODST 2006.doc

3 pages

Find more like this

Report File (DMCA)

Our content is added by our users. We aim to remove reported files within 1 working day. Please use this link to notify us:

Report this file as copyright or inappropriate

303095


You might also be interested in

BETA
Microsoft Word - How to Build M&E Systems to Support Better Govt -- Bahasa version.doc
Microsoft Word - MUKA DEPAN.doc