Read PERTEMUAN 5 (PABX) POKOK BAHASAN: text version

PABX

(Private Automatic Branch Exchange)

POKOK BAHASAN

· · · ·

Definisi dari PABX Bagian-bagian dari PABX Cara Kerja dari PABX Studi Kasus: PABX di PENS ITS

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS

·

·

Menjelaskan bagian-bagian, cara kerja dan prinsip dari PABX Menjelaskan beberapa fitur PABX

PABX

Sentral mini digital yang terpasang di rumah, perkantoran, dengan jumlah sambungan yang terbatas. Semua user yang terhubung atau tersambung pada suatu PABX yang sama bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan saluran lokal.

Ke sentral lokal

user

user

user

PABX

user

user user

Gambar Jaringan PABX

KONFIGURASI 2 PABX

Ke Sentral Lokal

Ke Sentral Lokal

Telepon Digital (untuk Console dan User)

Telepon Digital (untuk Console dan User)

Telepon Analog 1

PBX-A

PBX-B

Telepon Analog 3

Telepon Analog 4

Telepon Analog 2

BAGIAN-BAGIAN PABX :

1. CPU (Central Processing Unit) Berfungsi sebagai - Pusat pengendalian sistem - Mengontrol Kerja Sistem

Bagian-bagian CPU :

Interface RS-232 Digunakan utk hubungan ke Maintenance Operating Console (MOC) utk instalasi program yg akan digunakan dlm. Sistem Peralatan Memori Terdiri dari ROM dan RAM Time Division Switch (TDSW) melakukan proses penyambungan kanal bicara antar pelanggan

Digital Tone Generator (DTG) pembangkitan sinyal Conference Trunk (CFT) pembicaraan 3 pelanggan (conference) Public Branch Register (PBR) register yg berisi nomor masing-masing pelanggan yg telah diprogram Public Branch Sender (PBSD) menyimpan sementara nomor pelanggan pemanggil, sebelum terhubung ke tujuan Microprocessor (MP) mengatur kerja masing-masing peralatan yg terdapat dalam CPU

2. LINE TRUNK (LTA) Berfungsi mengatur line-line yg dpt digunakan utk penyambungan serta mengontrol trunk, menghitung dial pulsa Terdiri dari : 1. Line Circuit (LC) penghubung antar sentral dengan pelanggan, setiap pelanggan memerlukan sebuah LC mencatu arus loop DC 2. Central Office Trunk (COT) penghubung antara sentral PABX dengan sal. Telkom 3. Firmware Processor (FP) mengatur kerja peralatan yg terdapat pada Line Trunk

Contoh Penomoran pada PABX

· · · · Lantai 1 Lantai 2 Lantai 3 Lantai 4 : : : : 100, 101,102 200, 201, 202 300, 301, 302 400, 401, 402

Cara Kerja PABX

· · · Ketika pelanggan pemanggil off hook, secara otomatis kita mengirim sinyal ke PABX yang PABX mengerti (dial tone) Kemudian ketika mendial digit, PABX mengetahui apakah ini merupakan panggilan internal atau external. Proses routing dimulai. Jika internal maka dikirim ke PABX tidak menggunakan "trunk" pada sisi luar.Namun jika external,dimulai dengan mencari nomor-nomor yang kita dial lalu mengirim informasi ke Central Office.

Cara Kerja PABX pada konfigurasi 2 PABX

· · · Ketika pelanggan pemanggil off hook, secara otomatis kita mengirim sinyal ke PABX yang PABX mengerti (dial tone) Kemudian ketika mendial digit, PABX mengetahui apakah ini merupakan panggilan internal atau external. Proses routing dimulai. Jika internal maka dikirim ke PABX tidak menggunakan "trunk" pada sisi luar.Namun jika external,dimulai dengan mencari nomor-nomor yang kita dial lalu mengirim informasi ke Central Office atau PABX lain. Pada beberapa kasus, panggilan eksternal hanya dapat dilakukan dengan memasukkan kode-kode (password) tertentu sebelum mendial nomor eksternal.

·

FITUR-FITUR PABX

Call Pickup

Layanan ini disediakan untuk pengambilan nomor ekstensi lain oleh ekstensi yang terdekat (dalam satu grup), jika pengguna ekstensi lain tersebut tidak berada di tempat.

Call Forward / Divert Ada 3 jenis : 1. Call Forward All Calls 2. Call Forward No Answer 3. Call Forward Busy Line

Call Back

Saat ada panggilan ke sebuah nomor ekstensi tertentu, kebetulan nomor ekstensi tersebut sedang bicara, maka pemanggil hanya perlu menekan kode tertentu, kemudian On Hook. Saat nomor yang dituju selesai bicara/on hook, pemanggil mendengar nada panggil. Jika pemanggil Off Hook langsung tersambung ke tujuan (tanpa tekan nomor lagi)

Hunting

Proses pemberian sebuah nomor ekstensi kepada beberapa jalur pemakai. Pemberian hanya sebuah nomor ini dimaksudkan untuk memudahkan mengingat bagi pemanggil.

Contoh Pemasangan PABX

Floor standing instalation Wall Mounting Installation

19-inch Rack Mounting Installation

Studi Kasus: PABX di PENS ITS

PABX NEC NEAX 7400 ICS

PABX NEAX 2000 IPS

·

Salah satu contoh aplikasi penggunaan PABX digunakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. PENS mempunyai tiga buah PABX yang terletak di gedung lama, gedung baru, gedung kerjasama (trade center). D3 dan D4 menggunakan PABX dengan type yang sama yaitu NEAC 2000 IPS, sedangkan kerjasama menggunakan NEAX 7400 ICS M100MX Untuk gedung lama PABX bertempat di BAAK gedung lama (kemahasiswaan) lantai 1. Untuk gedung baru PABX bertempat di lantai 2 sebelah Ruang Sidang Untuk gedung TC PABX merupakan PABX yang baru dioperasikan sehingga belum terhubung dengan 2 gedung yang lain

·

·

·

·

·

D3 dan D4 mempunyai 10 nomor pelanggan. Enam di antaranya digunakan sebagai nomor hunting(5947280). Sepuluh nomor tersebut hanya terdapat pada gedung lama dan gedung baru saja, gedung kerjasama mempunyai nomor sendiri(5910040). Untuk melakukan panggilan keluar (outgoing call) dari sepuluh nomor tersebut, menggunakan suatu kode tertentu (kode ekstensi). Jadi pada intinya, sepuluh nomor tersebut tidak dapat melakukan panggilan keluar jika tidak menekan kode ekstensi tersebut. Kode-kode tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu di PENS.

·

Contoh penomoran di gedung D-IV

NO. 1 2 RUANG Lobby Dan Pos Depan Bagian Akademik Dan Administrasi Kemahasiswaan NO. TEP. 1112 1101 1102 Anggota Satpam Maturip Hary Pujo Widjayanto Wibisono 1103 1104 3 Administrasi Jurusan / Pengajaran 1105 1106 1107 1108 1109 1110 1111 4 Ruang Ketua Jurusan Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknologi Informasi 1114 1115 1116 1113 Iwan Syarief, S.Kom. M.Kom. Nana Ramadijanti, S.Kom. M.Kom. Tri Setyaningsih Nomor Fax Drs. Miftahul Huda, MT. Aries Pratiarso, ST. MT. Ketua Jurusan Telkom Sekretaris Jurusan Telkom Ketua Jurusan Tek. Informasi Sekretaris Jurusan T. Informasi Staff Ketua Jurusan Poerwanto Tubari Hary Pujo Widjayanto Staff Pengajaran Elektronika Staff Pengajaran Elektro Industri Pindarwati Bandhiananingsih, SE. Maturip Didik Santoso Mardiyono Staff BAAK/PSI Staff Pengajaran Tek. Informasi Staff Pengajaran Telkom Staff BAAK Elka / Telkom Staff BAAK Elin / Informatika NAMA Security JABATAN

KESIMPULAN

Keuntungan Menggunakan PABX ! · Seluruh user dapat melakukan komunikasi cukup hanya dengan menekan nomor ekstensi. · Menghemat pengeluaran biaya untuk berkomunikasi dalam satu lingkup jalur ekstension PABX. · Dapat menghubungkan antar ekstensi dalam suatu jaringan PABX tanpa menggunakan sentral TELKOM. Kerugian Menggunakan PABX ! · Tidak bisa melakukan sambungan / komunikasi keluar secara bersamaan jika saluran keluar yang tersedia jumlahnya sendikit / lebih kecil dari jumlah user-unser yang ada dalam PABX tersebut. · Diperlukanya PABX dimana PABX digunakan untuk menghubungkan antar ekstensi dalam suatu jaringan PABX · Pemamfaatan layanan PABX dikenakan biaya abdonemen untuk berlangganan.

Information

PERTEMUAN 5 (PABX) POKOK BAHASAN:

23 pages

Find more like this

Report File (DMCA)

Our content is added by our users. We aim to remove reported files within 1 working day. Please use this link to notify us:

Report this file as copyright or inappropriate

271783