Read Microsoft Word - LAST_LAST upadated MT januari.doc text version

Edisi Januari 2005

Media Komunikasi dan Informasi Terpercaya Masyarakat Muslim Indonesia di Amerika Serikat

Perjalanan ke Tanah Suci

Oleh: Said Abud

Tsunami

Oleh: Iwan Kurniawan

Tsunami

Tsunami yang melanda sedikitnya delapan negara Asia kemarin merupakan gempa terkuat dalam 40 tahun terakhir. Selama bertahun-tahun, tsunami atau gelombang pasangsurut yang sering disebut gempa bawah laut telah menimbulkan banyak bencana besar di komunitas pantai. Kejadian itu dapat diruntut pada Yunani dan Romawi kuno, termasuk tsunami yang mengguncang Mediterania Timur pada 21 Juli 365 yang menewaskan ribuan penduduk Alexandria, Mesir. Kata tsunami baru populer di Indonesia sejak terjadinya bencana tsunami di Flores, 12 Desember 1992 lalu. Dapat dimaklumi kalau tsunami belum dipahami secara benar. Tsunami seringkali disalah-artikan sebagai gelombang pasang. Padahal sangat berbeda artinya. Gelombang pasang terjadi karena adanya gaya tarik bulan terhadap bumi.

Kalimat talbiyah yang jamaah baca: "Labbaik Allahumma Labbaik. Labbaik La Sharika Laka Labbaik. Innal-Hamda, Wan-Ni'mata Laka wal-Mulk. La Sharika Lak" "Kami dating Ya Allah, menyahut seruanMU..." adalah jawaban jamaah atas panggillan Illahi untuk menziarahi baitullah (ka'bah) dalam rangka melaksanakan haji. Ucapan ini terhenti setelah jamaah sampai di masjidil haram karena telah sampai di rumah sang pemanggil.

(bersambung ke halaman 14)

(bersambung ke halaman 4)

Daftar Isi Dasar Keislaman............................................................ Hal 3 Rubrik Kesehatan .........................................................Hal 6 Nusantara Kita................................................................Hal 8 Kupasan Sejarah.................................................................Hal 9 Seputar Indonesia ...................................................... Hal 10 Youth Edition................................................................ Hal 16

Aceh ­ Bantuan dan Do'a

Oleh : Mohamad Setiawan Pada tanggal 26 Desember 2004, saudara-saudari kita di tanah air khususnya di Aceh dan Sumatra Utara telah mendapat cobaan dari Allah SWT, yaitu berupa bencana Gempa Bumi dan Gelombang Tsunami. Gempa Bumi dengan kekuatan 8.9 skala magnitudo atau 6.8 skala richter ini yang kemudian disusul (beberapa jam) dengan 3 kali gelombang dahsyat Tsunami setinggi lebih dari 25 meter, merupakan bencana alam yang terbesar selama 40 tahun terakhir, kedahsyatan bencana ini dapat dilihat dari pernyataan yang disampaikan oleh Colin Powell (menteri luar negeri Amerika Serikat) :''I have been in wars and I've been through a number of hurricanes, tornadoes and other relief operations, but I have never seen anything like this." (bersambung ke halaman 18)

Kebesaran Allah SWT yang tidak tertandingi.

1

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

Info Indonesia Muslim Foundation

HALAL BI HALAL MASYARAKAT MUSLIM INDONESIA

Sebagai penutup dari seluruh kegiatan Indonesia Muslim Foundation pada tahun 2004, telah dilaksanakan Halal Bi Halal masyarakat muslim Indonesia di Southern California pada tanggal 19 Desember 2004, bertempat di Gedung Palomares Park ­ Pomona. Bertindak sebagai pelaksana adalah Pengajian Gemala Pertiwi dan Pengajian NMC. Pada Halal Bi Halal yang mengambil tema " Dengan Silaturahmi, Marilah Kita Tingkatkan Rasa Persaudaraan" dan dihadiri sekitar 700 orang ini, selain saling berma'afan maka para hadirin juga dihibur dengan berbagai acara yang disajikan oleh seluruh pengajian yang ada di Los Angeles dan sekitarnya , mulai dari nyanyian, pertunjukkan bela diri sampai tarian.

Catatan dari Meja Redaksi

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Pada Mentari Timur edisi Januari ini kami coba sebagai topik utama adalah mengenai ibadah haji dan seputar becana tsunami yang baru saja menimpa tanah air kita. Untuk rubrik tetap lainnya, kami sampaikan artikelartikel tentang Dasar Keislaman yang merupakan pelajaran bersambung yang sangat bermanfaat untuk keluarga, juga ada rubrik kesehatan, dan berita-berita singkat yang terjadi di tanah air kita. Mulai edisi ini, Mentari Timur juga akan menampilkan tulisan singkat tentang kisah dan hikmah kehidupan dari bapak M. Quraish Shihab (yang disadur kembali dari buku Lentera Hati). Pada kesempatan ini juga kami atas nama pengurus Mentari Timur mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi demi berkembangnya buletin ini, sehingga akan selalu menambah wawasan pengetahuan dan keislaman kita semua. Amien** Selamat membaca, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

PENGUMUMAN Pelaksanaan Shalat Jumat Di Mesjid KJRI-LA

3457 Wilshire Blvd Los Angeles, CA 90010 213.383.5126 dimulai jam 1 Siang hingga Selesai

Diselenggarakan oleh Pengajian Los Angeles dan KJRI - LA

www.MentariTimur.com

2

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya Dasar-dasar Keislaman (Bagian Ketiga: Hukum Berwudhu)

Oleh : Hj. Betania Muflih Pada edisi kali ini kita akan membicarakan masalah halhal yang membatalkan dan yang tidak membatalkan wudhu, kelanjutan dari pembahasan edisi lalu, yaitu cara berwudhu. Hal-hal yang membatalkan wudhu adalah : 1. Segala sesuatu yang keluar dari kedua lubang, yaitu lubang dubur dan lubang kemaluan. Contohnya adalah : buang air kecil, buang air besar dan kentut. Itu semua disebut hadas kecil. Rasulullah SAW bersabda : "Allah tidak menerima shalat seseorang apabila dia dalam keadaan batal ( berhadas kecil) sampai dia berwudhu". (HR. Imam Muslim) 2. Keluarnya air madlin atau wadi dari lubang kehormatan (bagian intim/kemaluan). Madlin adalah cairan yang keluar dikarenakan hubungan sexual sebelum terjadi ejakulasi. Sedang wadi adalah cairan yang keluar tanpa hubungan sexual, biasanya keluar sebelum atau sesudah buang air kecil. Begitu juga dengan keputihan. Untuk seseorang yang berhadas karena madlin, wadi atau keputihan ini, Rasulullah SAW bersabda : "Orang itu harus mencuci zakarnya (organ intim yang mengeluarkan cairan tersebut) lalu berwudhu". (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim) 3. Tertidur pulas. Orang yang tidur dengan pulas hendaknya berwudhu apabila dia terbangun dan akan mengerjakan shalat, walaupun sebelum tertidur dia sudah berwudhu. 4. Hilang akal, baik karena pingsan, terbius atau mabuk. 5. Bersetubuh, walaupun tidak mengeluarkan mani (tidak ejakulasi), maka wudhunya batal dan dia harus berwudhu dan mandi besar, hal ini akan kita bahas pada pembahasan berikutnya. 6. Memegang organ intim secara langsung (tanpa las kain dan lain-lain). Dalam hal ini ada 2 pendapat : - Membatalkan wudhu, dan menurut pendapat mayoritas ulama ahli fiqih, inilah yang lebih kuat dari pendapat yang tidak membatalkan. Dasarnya adalah hadist Nabi SAW : "Barangsiapa yang memegang zakarnya maka ia tidak boleh mendirikan shalat sampai ia berwudhu". Hadis ini dibenarkan oleh Imam Tarmizi dan Imam Bukhari yang mengatakan ini yang paling sahih di dalam bab ini. - Tidak membatalkan wudhu, hal ini berdasarkan riwayat Sayyidina Ali r.a, ketika beliau menanyakan hal tersebut kepada Rasulullah SAW, maka dijawab : " Bukankah zakar itu juga bagian dari daging tubuhmu (seperti anggota badan lainnya) ?", yang berarti memegang zakar adalah sama seperti memegang anggota badan lain yang tidak membatalkan wudhu.

Rukun Islam Kedua: Shalat

Dalam mensikapi hal semacam ini, lebih baik kita ambil jalan hati-hati yang tidak membawa pada keraguan, yaitu berwudhu. Kecuali apabila kita mendapatkan dasar-dasar yang menguatkan pendapat untuk tidak berwudhu dan kita merasa yakin dengan kebenaran dasar-dasar tersebut. Sedangkan hal-hal yang tidak membatalkan wudhu adalah : 1. Bersentuhan kulit dengan lain jenis. Aishah r.a meriwayatkan : " Saya terbiasa tidur di depan Rasulullah SAW dan kaki saya berada antara beliau dan kiblat, apabila sujud beliau pasti menyentuh kaki saya". (HR. Bukhari Muslim) 2. Keluarnya darah dari anggota tubuh selain pendarahan dari bagian intim wanita. Pendarahan ini bisa dikarenakan luka atau mimisan (keluar darah dari hidung). Hasan r.a meriwayatkan : "Para muslimin tetap melaksanakan shalat dalam keadaan pendarahan karena terluka". 3. Muntah baik sedikit maupun banyak. 4. Perasaan ragu-ragu akan keluarnya hadas kecil setelah wudhu, sampai dia yakin betul dengan keadaannya. 5. Tertawa saat shalat. 6. Memandikan mayat tidak membatalkan wudhu, disarankan orang berwudhu sesudah memandikan mayat, tapi tidak diwajibkan. (MS) ________________________________________________

- Indonesia Muslim Foundation -

Saturday Islamic School

Setiap Sabtu 10 am ­ 1 pm di Mesjid KJRI-LA 3457 Wilshire Blvd. Los Angeles Hubungi: Henny Satyavat 626.962 1632 Beta Muflih 213.453.1838 Terselenggara Berkat Kerja Sama antara IMF dan Pengajian Los Angeles

www.MentariTimur.com

3

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

......(Sambungan dari halaman 1) ­

Tsunami

Sedangkan tsunami, berasal dari bahasa Jepang tsu dan nami yang artinya adalah gelombang di pelabuhan, terjadi karena adanya gangguan impulsif pada air laut akibat terjadinya perubahan bentuk laut secara tiba-tiba. Penyebabnya dapat berasal dari tiga sumber, yaitu: Gempa, letusan gunung berapi, dan longsoran yang terjadi di dasar laut. Dari ketiga penyebab timbulnya tsunami, gempa merupakan penyebab utama. Besar kecilnya gelombang tsunami sangat ditentukan oleh karakteristik gempa yang menyebabkannya. Gempa-gempa yang paling mungkin dapat menimbulkan tsunami adalah gempa yang terjadi di dasar laut, kedalaman pusat gempa kurang dari 60 Km dengan kekuatan lebih besar dari 6.0 skala richter (SR). Kecepatan penjalaran gelombang tsunami berkisar antara 50 km sampai 1000 km per jam. Pada saat mendekati pantai, kecepatannya berkurang karena adanya gesekan dasar laut. Sedangkan tinggi gelombang tsunami justru akan bertambah besar pada saat mendekati pantai. Riset tentang tsunami dapat dibagi menjadi tiga bidang utama. Pertama riset yang ditujukan untuk mengidentifikasi lokasi pusat gempa dan karakteristik gempa yang mempunyai potensi menimbulkan tsunami. Bidang ini merupakan kajian ilmu seismologi. Kedua, riset yang diarahkan untuk membuat model penjalaran tsunami dan prediksi tinggi gelombang tsunami pada saat mencapai pantai. Riset semacam ini merupakan bagian dari ilmu oseanografi. Ketiga, riset yang ditujukan untuk mencari cara-cara yang tepat dalam pemantauan tsunami dan perlindungan pantai terhadap bahaya tsunami. Riset semcam ini memerlukan keahlian dalam bidang seismologi, oseanografi, dan teknik sipil. Perkembangan riset tsunami di Indonesia masih dalam tahap pengembangan yang melibatkan berbagai instansi terkait seperti Badan Meteorologi dan Geo Fisika (BMG), BPPT, LIPI, dan ITB Hambatan utama dalam riset, seperti yang biasa dijumpai di Indonesia, adalah minimnya jumlah ilmuwan dan fasilitas yang tersedia. Kurang tertariknya ilmuwan melakukan riset tsunami mungkin dikarenakan kegiatan ini secara ekonomi tergolong "kering", walaupun fenomena tsunami sendiri berkaitan dengan sesuatu yang basah yakni air laut. Fasilitas untuk pemantauan, baik untuk pemantauan gempa sebagai sumber dan penyebab tsunami juga masih dirasa kurang. Idealnya untuk tiap jarak 100 km di sepanjang pantai yang ada di kepulauan Indonesia diletakkan satu alat pemantau gempa dan gelombang. Hambatan lain yang tidak kalah pentingnya adalah masih kurangnya koordinasi dan komunikasi di antara pusat-pusat kegiatan riset tsunami yang ada di Indonesia. Secara teoritis, tsunami lebih mudah diprediksi dibandingkan dengan gempa. Adanya tenggang waktu antara terjadinya gempa dan tibanya tsunami di pantai

memungkinkan untuk dapat menganalisa karakteristik gempa. Informasi tersebut kemudian dapat segera disampaikan ke masyarakat sebelum gelombang tsunami menerjang pantai. Ide inilah yang mendasari didirikannya pusat system peringatan dini tsunami (Tsunami Warning System) dibeberapa Negara Pasifik. Yang menjadi persoalan di Indonesia adalah tenggang waktu tersebut hanya berkisar antara 10 ­ 50 menit saja karena jarak antara pusat gempa dan garis pantai tidak lebih dari 200 km. Ini berbeda dengan di Negara-negara pasifik yang tenggang waktunya dapat mencapai satu sampai tiga jam. Akibat terbatasnya waktu untuk menyampaikan informasi dan fasilitas komunikasi yang belum memadai, sangat mungkin terjadi informasi belum sampai sementara gelombang tsunami telah menyapu pantai. Untuk mengatasi kesulitan tersebut di atas, kesiap siagaan merupakan jawaban paling tepat. Di antaranya yang dapat dilakukan adalah: 1. Identifikasi daerah yang rawan tsunami 2. Penyuluhan kepada penduduk dan aparat terkait di daerah rawan tsunami. 3. Proteksi pada pantai. Diantaranya membuat jalur hijau 200 m dari garis pantai yang dapat berfungsi sebgai penahan gelombang dan melestarikan keberadaan batu karang yang dapat berfungsi sebagai pemecah gelombang. 4. Menetapkan letak pemukiman berada di belakang jalur hijau sehingga terlindungi dari ancaman gelombang. Kalaupun terpaksa dibangun di dekat pantai, rumah yang baik adalah rumah panggung dengan bagian bawah kosong untuk memungkinkan gelombang lewat. 5. Membuat dasar hukum yang kuat bagi upaya pengaturan tata guna lahan di daerah pantai.

Berikut ini daftar bencan tsunami yang pernah terjadi : 1. 17 Juli 1998, gempa lepas pantai gelombang yang melanda pantai utara Papua Nugini, menewaskan sekitar 2 ribu orang dan menyebabkan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal. 2. 12 Desember 1992, tsunami melanda Flores.

www.MentariTimur.com

4

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

3. 16 Agustus 1976, tsunami menewaskan lebih dari 5 ribu orang di wilayah Teluk Moro, Filipina. 4. 28 Maret 1964, gempa bumi Good Friday di Alaska menyebabkan gelombang yang menenggelamkan sebagian besar pantai Alaska dan menghancurkan tiga desa. Gelombang tersebut menewaskan 107 orang di Alaska, empat di Oregon, dan 11 lainnya di California ketika gelombang itu melanda Pantai Barat. 5. 22 Mei 1960, gelombang yang dilaporkan setinggi sampai 11 meter menewaskan seribu orang di Cile dan menimbulkan kerusakan di Hawaii dan merenggut 61 jiwa. Gelombang tersebut juga melanda Filipina, Okinawa, dan Jepang ketika melintasi Pasifik. 1 April 1946, gempa Alaska menimbulkan tsunami yang menghancurkan North Cape Lighthouse dan menewaskan lima orang. Beberapa jam kemudian, gelombang tersebut menyerang Hilo, Hawaii, menewaskan 159 orang dan menimbulkan kerugian jutaan dolar. 6. 31 Januari 1906, gempa lepas pantai muncul dari bawah wilayah Tumaco, Kolombia, dan menyapu bersih setiap rumah yang berada di antara Pantai Rioverde, Ekuador, dan Micay, Kolombia. Jumlah korban tewas diperkirakan 5001.500. 7. 17 Desember 1896, tsunami menghancurkan tanggul dan jalan besar utama di Santa Barbara, California. 8. 15 Juni 1896, tsunami Sanriku menyerang Jepang. Gelombang yang tingginya lebih dari 23 meter menghantam massa yang tengah berkumpul untuk merayakan festival agama. Diperkirakan bencana itu menewaskan lebih dari 26 ribu jiwa. 9. 27 Agustus 1883, ledakan Gunung Krakatau menimbulkan gelombang besar yang bergerak melintasi pantai-pantai dekat Jawa dan Sumatera. Bencana itu menewaskan 36 ribu orang.. 10. 1 November 1775, gempa dahsyat di Lisbon menimbulkan gelombang setinggi hampir 6 meter (dikutip dari berbagai sumber)

Daftar Perkumpulan Pengajian di Los Angeles dan Sekolah Islam Sabtu

1. 2. 3. 4. 5. 6. Pengajian Al-Ikhlas Lokasi: West Los Angeles dan sekitarnya Pengajian Gemala Pertiwi Lokasi: Orange County Pengajian Nusantara Muslim California ( NMC ) Lokasi : 2761 Salem CT, San Bernardino, CA 92408 Pengajian Reseda Lokasi : 18635 Keswick St., Reseda, CA 91335, Tel. 818- 345-8004 Pengajian Los Angeles ­ KJRI-LA Lokasi : 3457 Wilshire Blvd., Los Angeles, CA 90010 Sekolah Islam Sabtu Lokasi : Mesjid KJRI-LA 3457 Wilshire Blvd. Los Angeles, CA 90010

Untuk informasi lengkap mengenai pengajian diatas, harap hubungi kami di [email protected]

Muslims In North America Association (MINAA)

Peace and Justice (a forum for Jews, Christians & Muslims) California State University, Long Beach (Student Union-Ballroom 2nd Floor) 1250 Bellflower Blvd. CA 90840 Saturday, January 29, 2005 Topics : - Human rights under the three heavenly faiths - The experiences of the civil rights movements in America - Defending the Muslims civil rights . The patriot act and its impact on the American Muslim Community . A study case of Imam Wagdy Ghoneim "cooperation not confrontation"

Segenap Redaksi Mentari Timur Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Adha 1425 H

20/20 Electronics & Furniture

Computer & Furniture Expert Sales, Upgrade, Repair, Trouble Shooting & Assembly Margono Wiryadimejo 533 S.Harvard Blvd # 102 [email protected] Los Angeles, CA 90020 Ph : 213-387-3227-213-284-1826

www.MentariTimur.com

5

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya Rubrik Kesehatan

Resolusi Tahun Baru

"Menjaga Kesehatan"

Oleh: Dokter Nurul I Hariadi Tahun 2005 telah tiba, diawali dengan situasi pasca bencana alam sekaligus bencana kemanusiaan yang sangat besar di mana Indonesia merupakan negara dengan kerusakan dan jumlah korban terbesar. Dari setiap cobaan, selalu ada banyak hikmah yang dapat diambil, yang semestinya mengingatkan kita untuk selalu mensyukuri segala karunia Allah SWT. Alhamdulillah, hingga saat ini kita masih dititipkan begitu banyak karunia sehingga insya Allah dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa bencana tersebut. Salah satu karunia yang sering kita abaikan adalah kesehatan. Banyak sekali contoh yang menunjukkan betapa lalainya kita mensyukuri kesehatan dengan menjaganya dan baru menyadarinya saat karunia tersebut dikurangi. Padahal, menjaga kesehatan bukanlah hal yang berat. Dengan menjaga asupan nutrisi, aktivitas fisik, dan tentunya memelihara jiwa kita, insya Allah, kesehatan jasmani dan rohani akan terjaga. Karena itu, agaknya tepat jika untuk tahun baru ini kita menetapkan satu resolusi : menjaga kesehatan. Setidaknya tema besar itulah yang akan dibawa dalam media ini dalam terbitan ini dan beberapa terbitan ke depan. Yang pertama akan diuraikan adalah mengenai makanan, karena untuk tetap hidup, semua manusia harus makan. Berbicara mengenai makanan, tidak akan lepas dari diet. Diet dalam arti luas sebenarnya adalah pengaturan makan, namun dalam masyarakat sering diartikan secara sempit sebagai upaya menurunkan berat badan. Padahal untuk menjadi sehat, berat badan bukanlah satu-satunya parameter. Kecukupan nutrisi yang dibutuhkan justru harus memegang peranan yang lebih penting, dan inilah yang sering terabaikan dalam beberapa mitos mengenai makan dan makanan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa mitos yang ada dan fakta di balik mitos tersebut. · Mitos : Jalani diet super ketat Banyak di antara kita, dalam tekad menurunkan berat badan, terjebak dalam diet sangat ketat yang hanya membolehkan kita mengkonsumsi -misalnya- hanya air, sayuran, dan buah. Dan sebagian dari kita menganggap bahwa cara ini sehat karena kita hanya mengkonsumsi serat dan vitamin. Dengan diet seketat ini, penurunan berat badan memang akan segera dicapai. Namun pengaturan yang sangat ketat umumnya sulit dipatuhi dalam jangka waktu yang panjang, dan berat badan yang telah berhasil dikurangi akan dengan cepat pula bertambah lagi. Selain itu, diet ini umumnya membatasi pilihan sumber makanan yang boleh dikonsumsi. Akibatnya, seringkali nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi. Sebagai

contoh, walaupun vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, mereka tak akan dapat bekerja tanpa karbohidrat, protein, atau lemak. Dan yang terakhir, laju penurunan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 3 pounds atau sekitar 1,5 kg per minggu) dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu empedu. Selain itu, diet yang total kalorinya kurang dari 800 Kalori ("K huruf besar" dalam Kalori atau "C huruf besar" dalam Calories berarti kilo kalori) per hari dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang berisiko fatal. Penurunan berat badan dalam batas aman adalah antara 0,5 ­ 2 pounds (sekitar 0,25 ­ 1 kg) per minggu yang dicapai dengan konsumsi nutrisi yang beragam dalam jumlah sedang, dan olahraga teratur. Sebagai patokan, rata-rata asupan nutrisi laki-laki dewasa adalah 2200-2800 Kalori per hari, perempuan dan anak-anak (di atas 2 tahun) 16002200, lansia 1600. · Mitos : Jalani diet tinggi protein/rendah karbohidrat Diet lain yang sempat menjadi tren adalah diet tinggi protein/rendah karbohidrat (low carb diet) atau juga populer dengan nama Atkins diet. Diet ini dianggap lebih sehat oleh sebagian orang karena protein diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, termasuk otak, sehingga makanan tinggi protein dikaitkan dengan kepandaian. Sekali lagi, seperti yang telah diuraian sebelumnya, protein tak akan dapat bekerja sendiri. Dengan kata lain, fungsi tubuh yang ideal selalu memerlukan berbagai nutrisi dalam kadar yang cukup, bukan kurang atau berlebih. Asupan karbohidrat kurang dari 130 gram per hari dapat menyebabkan tubuh menggunakan sumber energi lain yang menghasilkan zat keton (ketone). Penumpukan zat keton ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit asam urat (gout) atau batu ginjal. Selain itu, penumpukan keton sangat berbahaya bagi penderita diabetes atau ibu hamil. Sebagai patokan, asupan karbohidrat yang dibutuhkan per hari adalah 300 gram atau 6-11 servings per hari (lihat bab selanjutnya). Pola diet yang lebih tepat untuk digunakan adalah caloriereduced eating plan, yaitu tetap mengkonsumsi berbagai variasi sumber nutrisi, dalam jumlah yang tepat untuk tiap individu sesuai usia, jenis kelamin, dan aktivitas. Dengan cara ini penurunan berat badan dapat dicapai dan dipertahankan, karena diet dengan variasi makanan lebih mudah untuk dipatuhi. · Mitos : Karbohidrat itu menggemukkan Mitos lain yang banyak dipercaya adalah bahwa makanan sumber karbohidrat membuat gemuk. Faktanya, sumber karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, sereal, atau kentang hanya mengandung sedikit kalori dan lemak. Makanan tersebut menjadi menggemukkan jika dimakan dalam porsi besar atau dikonsumsi bersama dengan topping seperti mentega, krim, atau mayonnaise. Sebagai patokan, porsi yang dianjurkan dalam Dietary Guidelines for Americans untuk karbohidrat adalah 6 ­ 11 servings per hari,

www.MentariTimur.com

6

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

tergantung usia dan jenis kelamin. Lalu berapa banyak patokan untuk 1 serving? 1 serving karbohidrat adalah 1 potong roti, 1 ons sereal, atau ½ cup pasta atau nasi (lihat tabel di akhir artikel) · Mitos : Jangan mengkonsumsi produk susu, kacang, dan daging Di satu sisi ada diet tinggi protein, di sisi lain ada juga yang menghindari sumber protein dalam diet mereka. Sebagian besar karena menganggap sumber-sumber tertentu akan menyebabkan kenaikan berat badan, misalnya produkproduk susu, kacang-kacangan, dan daging merah (daging selain unggas atau makanan laut). Padahal, keduanya adalah sumber penting nutrisi, terutama protein dan mineral. · Mitos : Konsumsi hanya produk berlabel non fat/low fat Hal lain yang sering menjebak kita adalah label non fat atau low fat yang sebagian orang artikan sebagai rendah kalori. Yang harus dicermati dari produk-produk tersebut adalah Nutrition Fact Label, karena bisa jadi produk tersebut rendah lemak, namun mengandung banyak gula. Atau serving size (ukuran penyajian) yang digunakan untuk mengklaim produk tersebut non fat atau low fat ternyata lebih kecil dari ukuran penyajian yang umum digunakan. Lebih jauh mengenai Nutrition Fact Label dan cara menerjemahkannya akan lebih baik dibahas terpisah. · Mitos : Ada makanan pembakar kalori Tidak ada makanan yang dapat membakar kalori. Yang membakar kalori adalah aktivitas tubuh. Beberapa zat seperti kafein dapat mempercepat metabolisme tubuh (pembakaran kalori), namun bukan zat itu sendiri yang membakar kalori. Beberapa makanan lain juga dapat menstimulasi enzim-enzim tertentu yang dibutuhkan dalam metabolisme, bukan membakar kalori itu sendiri. Mitos : Dilarang makan fast food Jadi apakah menjalani pola makan sehat berarti harus "menderita" (menderita dalam artian sama sekali tidak boleh mengkonsumsi fast food)? Tidak perlu, karena pola makan sehat disusun justru untuk mencegah kita menderita. Fast food tetap dapat dikonsumsi, dengan frekuensi dan jumlah yang kecil. Cara seperti berbagi satu porsi dengan orang lain dapat digunakan. Lagipula, kadang alasan seseorang mengkonsumsi fast food hanyalah keinginan, bukan karena benar-benar lapar, terutama pada anak-anak. Karena itu, jangan biasakan anak-anak untuk makan fast food. Lebih sedikit frekuensi dan jumlah konsumsi fast food, lebih baik. · Mitos : Jangan makan setelah pukul 8 malam Ada pula kepercayaan yang melarang makan setelah pukul 7 atau 8 malam karena hal itu dianggap menggemukkan. Padahal sekali lagi, bukan waktu makan yang menentukan gemuk atau tidaknya seseorang, melainkan keseimbangan antara apa yang dimakan dengan aktivitas yang dilakukan. Yang mungkin mendasari larangan tersebut adalah · kecenderungan orang untuk makan camilan (yang seringkali tinggi kalori) sambil menonton televisi pada malam hari sehingga jumlah yang dikonsumsi tidak terkontrol. Jadi selama asupan dan aktivitas kita berimbang, bukan jam yang menentukan apakah kita akan jadi gemuk atau tidak. · Mitos : Vegetarian lebih sehat Sebagian orang memilih untuk menjadi vegetarian untuk menjaga kesehatan mereka. Pilihan ini, seperti juga pilihan untuk menjadi non vegetarian, memiliki kelebihan dan kekurangan. Selama orang yang menjadi vegetarian tahu dan mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya dari sumbersumber alternatif, keseimbangan nutrisi mereka akan terjaga. Namun jika ada zat yang berlebih dikonsumsi, mereka juga dapat mengalami kenaikan berat badan atau masalah kesehatan seperti non vegetarian. Dengan mengetahui fakta di belakang beberapa mitos mengenai makanan dan kesehatan, semoga resolusi tahun baru kita untuk memulai pola makan yang lebih sehat dapat tercapai. Uraian berikutnya akan membicarakan mengenai Nutrition Fact Label, camilan, dan beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Selamat tahun baru !

SOKI OFFICE CLEANER

Residential, Commercial Industrial, Domestic Cleaning Carpet Cleaning, Strip and Seal Tile, Linolium

Sokiran Sonojoyo (323) 851-9972 Lic # 250689-80

Untuk Mendapatkan MT Anda bisa pergi ke alamat berikut Lobby / Mesjid KJRI Los Angeles 3457 Wilshire Blvd Los Angeles, CA 90010 213.383.5126

Mentari Timur Ada Di Mana?

Warung Asia Makmur

8239 Tampa Ave Reseda-CA 91335 818- 773-0377

Simpang Asia Groceries

10433 National Blvd #2 Los Angeles, CA 90034 Phone: 310.815.9075

www.MentariTimur.com

7

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

Simeuleu

Oleh: Rhenald Kasali Saya yakin hampir tidak ada diantara pembaca yang pernah menyinggahi pulau kecil di paling luar sebelah Barat Laut Sumatra ini. Ia terletak di sebelah utara pulau Nias, atau sebelah Barat Meulaboh. Menurut berita yang saya baca, ia adalah daratan terdekat dari pusat gempa yang terjadi pada tanggal 26 Desember yang lalu. Jaraknya hanya sekitar 40 kilometer. Reporter Najwa Shihab dari Metro TV berkali-kali menyebut telah terjadi semacam mukzizat di sana, karena di pulau ini badai Tsunami praktis tidak menimbulkan banyak korban. Menurut kabar terakhir ada empat jiwa yang melayang, itupun korban yang sedang memancing di pulau-pulau kecil sekitarnya. Sampai artikel ini saya tulis praktis hubungan telekomunikasi dengan pulau ini masih terputus. Bupati Simeuleu Drs. Darmili juga tidak berhasil saya hubungi. Satu-satunya alat komunikasi yang berfungsi hanyalah telepon satelit. Penduduk yang ingin memakainya pun harus bergantian karena mereka semua ingin memakainya. Setelah terhubung, hanya bisa berbicara sekitar dua menit. Kebetulan sekali keluarga istri saya berasal dari Aceh Barat sehingga ada cukup banyak keluarga dekat yang menetap di pulai ini. Bahkan semasa hidupnya, mertua saya alm. Karim Landasny termasuk orang yang memperjuangkan agar pulau ini berdiri sendiri sebagai kabupaten. Sebagai guru dan pegawai negeri sipil yang pernah bertugas sebagai Kakanwil di berbagai propinsi, ia sangat berkeyakinan kesejahteraan penduduk di pulau ini akan jauh lebih baik kalau dikelola lebih otonom. Sebagai bagian dari kabupaten Aceh Barat saat itu. Simeuleu praktis sangat terisolir. Padahal, pada jaman penjajahan Belanda dulu, pulau ini termasuk daerah yang sangat penting. Selain punya kerajaan sendiri, Simeuleu juga dikenal kaya dengan hasil rempah-rempah, kayu jati, kelapa sawit, serta hasil laut. Pelabuhan Sibigo, konon cukup dikenal dikalangan pemerintah kerajaan Belanda. Meskipun daratannya relatif terbatas, untuk mengangkut hasil bumi, Belanda membangun jalan kereta api. Setiap hari pernduduk bisa menyaksikan kereta Wilhelmina bergerak di sekitar Sinabang. Tapi semua itu dulu, lain dulu, lain pula sekarang. Karena masuk dalam wilayah administratif propinsi Nangroe Aceh Darusallam, Simeuleu yang reltif aman dan penduduknya bebas dari GAM termasuk dalam kategori "daerah konflik". Akibatnya banyak orang yang ragu berbisnis disana. Kapal-kapal besar praktis tidak datang. Tapi ada kabar gembira. Simeuleu sekarang sudah berdiri sebagai kabupaten sendiri sehingga perkembangannya bisa lebih cepat. Untuk menanamkan nilai-nilai hidup pada anak-anak, lebaran tahun 2003 yang lalu saya mengajak anak, istri dan

Nusantara Kita

neneknya berlibur di pulau ini. Tentu saja pengalaman ini butuh waktu dan relatif sulit. Dari Medan kami menumpang pesawat kecil (SMAC) yang kadang-kadang jadualnya berubah. Setiba di pulau, puluhan orang sudah menunggu. Dari atas saya melihat penjaga bandara mengusir puluhan kambing yang bermain di lapangan. Suara alarm pertanda pesawat datang, dibunyikan. Di pulau ini, konon hanya ada sekitar tiga puluh hingga lima puluh buah mobil. Karena satu-satunya motel yang tersedia sedang disewa tentara (penguasa darurat sipil), maka kami menginap di salah satu rumah milik keluarga dekat. Esoknya kami melakukan napak tilas, menelusuri jejak sejarah kakek anak-anak saya saat meninggalkan pulai ini merantau ke Sumatra dan Jawa. Kami melewati jalan-jalan yang baru dibangun, menyusuri pantai dengan kapal milik polisi, menumpang ojek sepeda motor, menembus hutan, menyeberangi sungai yang jembatannya baru saja dibawa banjir (sehingga harus menumpang parit) sampai ke sebuah desa di tepi pantai bernama Nasrehe. Pulang dari Nasrehe kapal kecil yang kami tumpangi penuh dengan berbagai hadiah dari orang-orang desa, mulai dari seekor ayam yang sehat sampai tikar pandan yang dibuat sendiri. Waktu kami meninggalkan desa ini semua anggota keluarga menangis tidak kuasa menahan haru. Di desa ini kami membangun sebuah masjid atas nama almarhum Karim Landasny. Dari Nasrehe, setelah hari raya Idul Fitri saya di daulat bupati Drs Darmili untuk membekali para aparatnya untuk membangun pulau ini. Bekerja dengan segala keterbatasan dan keisolasian tentu saja tidak mudah. Kualitas sumberdaya manusia memang masih harus banyak ditingkatkan. Tetapi yang lebih perlu lagi tentunya adalah sikap para pejabat pemegang otoritas di pusat yang bertindak lamban dan terkesan kurang peduli. Padahal pusat tidak melulu tidak punya uang. Tapi ketidakpahaman atas kebutuhan daerah, serta ketidakberanian memangkas "red tapes" dan membuat daerah ­daerah sulit berkembang. Saya tidak heran bila banyak daerah-daerah di Indonesia masih sulit berkembang. Masalahnya bukan daerah tersebut yang miskin, melainkan kerangnya perhatian dan pemahaman. Saya juga tidak heran melihat lambatnya datang tim rescue bencana alam dari pusat. Samasa aman saja membutuhkan waktu beberapa hari untuk berhasil mendarat atau terbang dari pulai ini. Sewaktu saya meninggalkan Simeuleu saya harus menunggu beberapa hari sampai akhirnya pesawat yang ditunggu benar-benar datang. Lucu juga melihat ratusan orang kampung yang sudah menangis untuk berpisah ternyata kami tidak jadi terbang. Keharuan bisa kehilangan makna kala pesawat tak jadi datang dan koper-koper yang sudah dikunci terpaksa dibuka lagi. Badai Tsunami telah memberi banyak pelajaran bagi kita semua. Salah satunya adalah membuka daerah-daerah terisolasi dengan akses-akses baru dan dengan pendidikan yang lebih berkualitas. Air mata duka saja tidak cukup untuk mengatasi keadaan. Mari kita segera bertindak.****

www.MentariTimur.com

8

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya Kupasan Sejarah

Sisa-Sisa Istana Genghis Khan

Para arkeolog telah berhasil menggali sisa-sisa istana Genghis Khan, dan menduga kuburan penguasa Mongol abad 13 yang telah lama dicari itu berada tidak jauh dari sana.Adalah tim peneliti Jepang dan Mongolia yang berhasil menemukan sebuah kompleks di padang rumput sekitar 240 kilometer dari ibukota Mongolia, Ulan Bator. Demikian menurut Shinpei Kato, profesor dari Universitas Kokugakuin, Tokyo, yang ikut dalam ekspedisi penggalian. Genghis Khan (hidup sekitar tahun 1162-1227) adalah seorang pejuang yang mempersatukan suku-suku yang berperang di Mongolia, dan menjadi penguasa sekitar tahun 1206. Ia berhasil memperluas daerah kekuasaannya dan menjadi salah satu orang yang paling disegani masa itu. Setelah kematiannya, keturunan Khan memperluas kerajaannya mulai dari Cina hingga Hungaria.Berdasar temuan arkeolog, Genghis Khan membangun istananya dalam bentuk tenda segi empat sederhana yang diberi kolom-kolom kayu sekitar tahun 1200-an. Di tempat itu, para ilmuwan menemukan pula porselen yang berasal dari jaman Khan, sehingga memudahkan identifikasi istana tersebut. Selain itu, deskripsi mengenai istana Khan dan sekitarnya yang diceritakan seorang utusan dari Dinasti Tang di Cina Selatan tahun 1232 juga cocok dengan tempat temuan itu, kata Kato, seperti dikutip kantor berita AP.

Kuburan Genghis Khan diyakini berada di sekitar istana tersebut karena naskah-naskah kuno menyebutkan bahwa sebuah mausoleum kemudian dibangun di sana untuk menyelenggarakan ritual bagi arwah Khan.Walau dikatakan Kato bahwa timnya tidak secara khusus akan mencari kuburan itu, namun bila berhasil menemukannya, maka hal tersebut akan sangat membantu menyingkapkan rahasia kekuasaan Genghis Khan. "Genghis Khan menaklukkan Eurasia dan membangun kekaisaran yang hebat. Pastilah ada interaksi yang kokoh antara timur dan barat pada waktu itu, dalam hal kebudayaan dan tukar menukar barang," ujar Kato. "Bila kami bisa menemukan barang apa saja yang dikubur bersama Khan, maka kami bisa menuliskan lembaran sejarah baru mengenai keadaan masa itu."Perlu diketahui, kuburan Genghis Khan adalah salah satu misteri arkeologi yang paling ingin diungkap. Menurut legenda, untuk menjaga kerahasiaan kuburan dan menghindari penodaan, tentara Khan membunuh siapa pun yang melihat arakarakan penguburan. Selain itu mereka juga membunuh para pembantu sebelum bunuh diri. Menurut Kato, naskah Cina kuno menyebutkan bahwa seekor anak onta juga dikubur bersama Khan di depan mata induknya, sehingga induk onta itu bisa membawa keluarga Khan ke kuburan bila diperlukan.Sebelumnya, para arkeolog dipaksa agar tidak meneruskan pencarian kuburan Khan karena penggalian dianggap akan menodai tempat keramat itu. Menurut kepercayaan Mongol, penggalian kuburan nenek moyang akan mengganggu arwah-arwah yang bertindak sebagai pelindung. Padahal bila para peneliti berhasil menemukan kuburan Genghis Khan, mereka kemungkinan besar juga akan menemukan kuburan Kublai Khan, cucu Genghis yang melebarkan kekaisaran Mongol hingga Asia Tenggara dan menjadi kaisar pertama Dinasti Yuan di Cina pada saat yang bersamaan.Menurut naskah kuno, 13 atau 14 pejuang kepercayaan Khan, termasuk Genghis dan Kublai, dikuburkan di tempat yang sama. (Sumber: Kompas) ________________________________________________

www.MentariTimur.com

9

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya - Laporan Khusus KONTROVERSI DIBALIK BANTUAN AMERIKA TERHADAP ACEH

Oleh: Herbayu Adi Pemerintah Amerika Serikat telah menjanjikan hampir 15 juta dolar AS kepada Indonesia di samping dukungan militer untuk menanggulangi bencana alam yang terjadi di Aceh dan Sumatera Utara. Dalam siaran pers awal januari yang lalu, Pemerintah AS telah memberikan bantuan kemanusiaan itu segera setelah terjadinya bencana. Indonesia juga akan mendapat prioritas bantuan dari total bantuan Amerika yang berjumlah 350 juta dolar Amerika untuk negara-negara yang tertimpa bencana gempa dan Tsunami seperti yang dijanjikan sebelumnya. Bantuan yang diberikan oleh Amerika itu antara lain berupa alat transportasi dan logistik termasuk perlengkapan militer AS, bahan makanan, air minum, tenda dan pelayanan kesehatan. Untuk bantuan kemanusiaan, Amerika memberikan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar 2,1 juta dolar Amerika untuk menjalankan pelayanan darurat kepada korban, termasuk penyediaan tenda, air bersih, bahan makanan dan pelayanan kesehatan. Tim Medis Angkatan Laut AS sudah berada di Meulaboh untuk mulai memberikan pelayan kesehatan yang diperlukan. Komando Militer Pasifik AS bekerja atas permintaan TNI untuk mendirikan rumah sakit darurat di Meulaboh. Bantuan Amerika ini memicu kontroversi si di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagian orang berpendapat betapa "generous"-nya Amerika yang tengah sibuknya mengurus negara Irak, menyempatkan diri untuk turut berpartisipasi dalam pemulihan wilayah Aceh. Sementara di satu sisi masyarakat beranggapan bahwa Amerika mempunyai maksud lain di balik paket-paket bantuannya ini. Bahkan yang lebih ekstrim lagi, timbul spekulasi-spekulasi di kalangan masyarakat tentang adanya pihak yang dengan sengaja menciptakan bencana yang maha dashyat dengan menggunakan kekuatan militer yang ditunjang dengan bantuan tekhnologi tingkat tinggi, sedemikian rupa sehingga terlihat seperti bencana alam tsunami. Seperti kita ketahui, Amerika Serikat terus konsisten dengan upayanya dalam memerangi terorisme beberapa tahun belakangan ini semenjak kasus robohnya menara kembar WTC di New York. Sementara itu Indonesia, sama halnya dengan Malaysia sering kali disebut-sebut termasuk negara tempat bersembunyinya jaringan Al-Qaeda yang diduga bertanggung jawab atas terjadinya insiden tersebut. Dengan begitu sudah sewajarnya jika Amerika yang memiliki banyak asset di wilayah ini terutama di Singapura, merasa terancam dengan adanya isu tersebut. Maka dengan alasan menjaga keamanan di wilayah Asia Tenggara, Amerika berencana untuk menempatkan pasukan khususnya di wilayah sekitar Indonesia dan atau Malaysia. Yang pada akhirnya Amerika menjatuhkan pilihannya pada Selat Malaka. Padatnya arus keluar masuk kapal di Selat Malaka, menyebabkan alur itu juga berpotensi timbul masalah, di antaranya munculnya aksi pembajakan, penyelundupan. Maka pada akhirnya wilayah ini dianggap sebagai medan krusial dalam perang melawan terorisme. Namun pemerintah Indonesia telah menolak untuk bekerjasama dengan Amerika mengenai rencana penempatan pangkalan militer tersebut, karena daerah itu notabene adalah wilayah teritorial Indonesia, dan TNI-lah yang bertanggung jawab atas keamanannya. Saat ini negeri Paman Sam telah mengerahkan 13.000 personil, 57 helikopter, dua kapal induk serta 80 pesawatnya ke Aceh. Namun, bantuan ini dituding sejumlah pihak sebagai upaya Amerika mendongkrak citranya, setelah menyerang Irak. Bantuan untuk para korban di Aceh tentunya bukan saja dari negara Amerika, tetapi juga negara-negara sahabat lainnya, atau bahkan negara yang tidak terhitung sebagai negara sahabat sekalipun. Memang sulit untuk menentukan, apakah bantuan yang berdatangan di Aceh, dari berbagai tersebut adalah murni demi kemanusiaan atau ada maksud-maksud politis dibaliknya jika kita memang ingin memperdebatkannya. Memang kita di anugerahi kemampuan untuk berpikir dan berimajinasi tinggi. Akan tetapi untuk kondisi seperti sekarang ini, di mana rakyat Aceh sedang berada dalam kesulitan dan sangat membutuhkan bantuan, ada baiknya jika kita untuk mulai berpikir positif walau tetap waspada. Sebagai umat manusia, khususnya sebagai umat Muslim tentunya kita percaya pada Sunatullah. Seperti halnya dengan tsunami, tsunami itu adalah sunnah Allah. Sunatullah itu adalah hukum alam. Ada siang ada malam, ada kemarau dan ada musim hujan. Adanya susunan langit dan bumi yang terdiri dari bebatuan, struktur tanah, retakan, atau lahar di dalam perut bumi yang jika muncul ke permukaan terjadilah gunung meletus. Adanya metabolisme alam, seperti halnya jasad manusia dapat mengalami kedutan, bumi juga dapat mengalami kedutan. Kedutan di bagian bumi mengakibatkan bergesernya cairan dan padatan. Dan karena manusia itu sangatlah kecil maka ketika ia ditimpa pergeseran itu dirasakannya sebagai bencana besar. Kalangan geolog Indonesia tertentu tahun lalu sudah memperingatkan bahwa kemungkinan akan ada perilaku tsunami yang tidak kecil. Sekarang mereka mencucurkan airmata menyesali kenapa peringatan itu tak digubris oleh mereka yang berkewajiban atas keselamatan rakyat Indonesia. Bahkan beberapa saat sebelum terjadinya tsunami, sekelompok hewan sebagai bagian dari ekosistem alam di wilayah terjadinya tsunami, telah berperilaku "unusual" menunjukkan akan terjadinya sesuatu. Alam bukanlah sesuatu yang misterius. Bagi mereka yang akrab dan bersahabat dengan alam, justru alam itu adalah sahabat sejati. Ia selalu memberi pertanda mengenai apa yang sebenarnya akan terjadi. Seperti halnya sebelum terjadi tsunami terlihat arak-arakan burung putih yang terbang

www.MentariTimur.com

10

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

menuju kota menjauhi laut. Ikan-ikan menggelepar terdampar di pantai. Lain halnya dengan masyarakat Aceh yang masih asing dengan tsunami, masyarakat Nusa Tenggara Timur yang sudah terbiasa dengan gelombang tsunami akan dapat mengenali pertanda buruk ini. Biasanya sebelum terjadi tsunami, laut akan surut sehingga ikan-ikan akan terdampar. Jika hal ini terjadi masyarakat yang sudah terbiasa akan lansung menjauhi laut, yang tidak terbiasa akan mendekati laut dengan antusias untuk menangkap ikan-ikan Maka sudah sewajarnya jika kita menyadari bahwa peristiwa Tsunami beberapa waktu yang lalu itu adalah murni bencana alam. Jika memang itu adalah buatan manusia, tidak akan ada arak-arakan burung putih ataupun ikan-ikan yang menggelepar. Maka tidaklah tepat sikap kita jika memiliki prasangka buruk terhadap pihak-pihak yang berupaya menolong rakyat Aceh saat ini. Sementara itu, kebijakan pemerintah untuk membatasi keberadaan militer asing di wilayah Aceh, ada baiknya untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Mengingat dengan berjalannya waktu, alangkah baiknya apabila keputusan untuk membatasi pertolongan diserahkan kepada para koban. Tak heran apabila sejumlah negara asing yang tergabung dalam PBB, bereaksi keras terhadap keputusan pemerintah yang akan membatasi bantuan yang datang. Hal serupa juga dikemukakan duta besar Amerika, B Lynn Pascoe, yang menyatakan, tentara Amerika dijamin akan segera angkat kaki dari aceh, jika bangsa Indonesia tidak membutuhkannya lagi. Itu sebabnya, Pascoe membantah keras seluruh berita miring tentang aksi Amerika di Aceh. "Percayalah pada saya. Tentara Amerika sedang membantu aceh. jangan habiskan waktu anda untuk bertanya tentang motivasi mereka datang ke Aceh serta apakah mereka akan tetap tinggal atau tidak. Rakyat Aceh kini butuh bantuan dan kami membantu mereka" Keputusan pemerintah bukan tanpa resiko. Mengingat medan yang berat, perbaikan jalan-jalan dan juga infrastruktur lainnya menuju ke daerah terisolasi, bisa jadi bakal makin tertunda. Jika ini terjadi, kondisi rakyat Aceh bakal jadi semakin terpuruk. Selain itu, akibat keputusan ini juga, Indonesia jangan sampai dicap sebagai bangsa yang tidak tahu terima kasih, karena dikesankan telah mengusir tentara dan relawan asing dari Aceh. (Dikutip dari berbagai sumber)

(3 St and Ardmore Ave, One Block West of Normandie St) 4050 W. 3rd St., Los Angeles, CA 90020, 213-365-9934 DAILY FRESH CHICKEN (All Kinds of Chicken Meat) GOAT/LAMB Local & Newzeland (Head, Feet, Stomach) FRESH BEEF (Feet, Head, Stomach, Ribs, etc.) FRESH & FROZEN VEGETABLES, BANGLADESHI, PAKISTANI & INDIAN SPACIES, TEAS & GROCERIES. WE ALSO CARRY. 99 ¢ (Cents) ITEMS We are also dealers of cell phones. We do Notary Public & Tax Return Services Dear Brothers & Sisters, As-sa-la-mu-alaikum. We Appreciate your business for the last two years and hope to continue in future. Thanks, Salauddin & Monir

rd

HALAL MEAT & GROCERY, LLC

Jahit Celana, Baju dan Perubahaannya untuk Pria dan Wanita

Benang Tailor

Muali Dawam

450 S. Normandie Ave # 110 Los Angeles, CA 90020 Tel: 213-736 7363 / 736 0422

Pemasangan Iklan dan Donasi Pengganti Ongkos Cetak

Bagi pihak-pihak yang menginginkan untuk memperkenalkan usahanya maupun produk yang dihasilkan pada buletin ini, kami dengan sangat berterima-kasih menerimanya dengan mencantumkan nama perusahaan atau individu beserta jenis usaha/produk yang dihasilkan dalam bentuk ilklan terbatas. Biaya yang diterima akan kami pergunakan untuk mengganti ongkos cetak serta biaya berlangganan untuk situs internet: www.mentaritimur.com Untuk informasi lebih lanjut harap menghubungi. Margono Wiryadimejo di email [email protected] atau telepon (213) 284-1826. Selain itu kami juga membuka kesempatan bagi para pembaca sekalian untuk menjadi pelanggan tetap Mentari Timur (subscription) dengan mengganti ongkos kirim sebesar $24/thn (US Only) dan $40/thn untuk Canada. Terima kasih, Redaksi Buletin

www.MentariTimur.com

11

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

Kumpulan Opini

Mudahnya Menilai Orang Lain

oleh : Sylvana M Begitu melihat orang baru atau siapa aja kadang secara refleks kita langsung menilai orang tersebut. Pertimbangannya bisa macam-macam, cara bicara, gaya berpakaian, sampai lirikan matanya. Kadang penilaian kita benar kadang salah, well, sebenernya oke nggak sih tindakan kita itu. Coba inget-inget deh, sering nggak kamu bisa ngomong kamu nggak suka sama seseorang, padahal kamu sendiri nggak pernah ngomong sama dia. Penilaian kamu itu biasanya atas dasar pengamatan terhadap caranya bergaul, berbicara atau penampilannya. Tapi sebaiknya sih kamu nggak menilai orang se-cetek (dangkal) itu. Kan pada nggak kenal sama dia. Nggak jarang kita juga menghakimi orang berdasarkan tampang atau popularitasnya. Apakah menjadi seorang model membuat seseorang lebih baik dari orang lain ? Apakah jadi bintang basket di berarti yang paling hebat? Kekayaan dan jumlah uang yang dimiliki juga sering menjadi bahan penilaian. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, kamu seharusnya sudah tahu akan hal itu. Semua hal yang fana didunia ini tidak bisa membuatmu bahagia. Memiliki keluarga yang harmonis dan temanteman yang setia, lalu melakukan hal-hal yang kamu sukai, itu semua bisa membuatmu bahagia. Kita menghakimi orang lain karena caranya berbicara, kata-kata yang mereka ucapkan, cara mereka tersenyum, tertawa, dan seterusnya. Mengapa ? Entahlah. Hanya karena seseorang mengucapkan kata-kata kasar, hal itu tidak membuatnya menjadi orang yang jahat. Hanya karena seseorang pintar menggunakan kata-kata, tidak pula membuatnya menjadi orang yang baik Yang perlu kita ingat adalah, biasanya kita mendasarkan penilaian atas penampilan luar aja, baik atribut fisik, barang kepunyaan, tempat tinggal, cara bicara, tempat nongkrong, dan seterusnya. Kita harus mengenalnya seseorang terlebih dahulu sebelum menghakiminya. Kamu pasti nggak suka dihakimi orang lain, jadi sebaiknya jangan menghakimi orang lain juga dong! Walau masih akan ada orang lain yang menghakimimu, kamu akan jadi orang yang lebih baik dari mereka karena kamu nggak berlaku seperti itu. Lagipula nggak jarang juga kan kamu berkata.. "oo kirain kamu orangnya jutek.. taunya kamu baik juga.." Iya nggak?

(berkaitan dengan masalah bantuan Aceh) merasakan hal tersebut (walaupun Presiden SBY baru saja bulan lalu meresmikan gerakan nasional anti korupsi). Baik kalangan pemerintahan asing atau swasta (LSM dan masyarakat), hampir semuanya tidak mau untuk menyalurkan bantuannya melalui badan/lembaga milik pemerintah Indonesia. Negara-negara asing menyalurkannya melalui lembaga bantuan milik PBB (misalnya Unicef), adapun kalangan swasta baik masyarakat maupun lembaga non pemerintah (NGO/LSM) lebih suka menyalurkannya secara langsung ke Aceh. Apalagi belakangan terbetik berita bahwa bantuan yang sampai ke para korban ternyata tidak sesuai dengan bantuan yang telah diterima, alasannya adalah untuk biaya overhead. Masalah ini diperkeruh lagi dengan adanya laporan dari relawan asing yang melaporkan adanya pungli (pungutan liar) disejumlah titik di perbatasan antara Sumatra Utara dan Aceh yang dilakukan oleh oknum TNI. Dengan kondisi yang demikian ini tentunya akan menyulitkan pemerintah sendiri, terutama dalam melakukan koordinasi untuk perbaikan Aceh pasca bencana tersebut. Untuk itu, sekarang inilah waktunya bagi pemerintah untuk terbuka dan membuktikan bahwa apa yang telah dicanangkan bulan lalu tersebut bukan sekedar jargon politik untuk menyenangkan rakyat, tapi memang benarbenar menjadi tekad pemerintah untuk melaksanakannya. (MS/Tempo/MediaOnline) ________________________________________________

WARUNG ASIA MAKMUR

GROCERIES & DELI

Tersedia:

Makanan/masakan Indonesia dan lokal, majalah/koran lokal serta Indonesia, pakaian muslim, batik, bordiran dan lain-lain serta rokok dan halal meat (special order). For free delivery, Please call 818.345.8004, 818.982.0918 Lokasi: 8239 Tampa Ave Reseda-CA 91335 Ph. 818- 7730377

Retail Store

Frederick Farias

Retail Sales Representative T-Mobile USA, Inc.

Store: 323-96-1430 / Fax: 323-9628113, Cell: 213-327-4673 5419 Hollywood Blvd Ste. E. Los Angeles, CA 90027 (Hollywood & Western) email: [email protected]

Problema Penyaluran Bantuan Aceh

Sungguh susah untuk memperbaiki citra yang sudah terlanjur buruk. Indonesia yang sudah dianggap sebagai salah satu negara terkorup di dunia, mungkin sekarang ini

www.MentariTimur.com

12

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya kolom hikmah

KISAH SEMUT, LABA-LABA DAN LEBAH

Oleh: M. Quraish Shihab Tiga binatang kecil menjadi nama dari tiga surat di dalam Al-Quran, yaitu Al-Naml (semut), Al-Ankabut (labalaba), dan Al-Nahl (lebah) Semut menghimpun makanan sedikit demi sedikit tanpa henti-hentinya. Konon, binatang kecil ini dapat menghimpun makanan untuk bertahun-tahun sedangkan usianya tidak lebih dari satu tahun. Kelobaannya sedemikian besar sehingga ia berusaha dan seringkali berhasil memikul sesuatu yang lebih besar dari badannya meskipun sesuatu tersebut tidak berguna baginya. Dalam surat Al-Naml antara lain diuraikan sikap Fir'aun , juga nabi Sulaiman yang memiliki kekuasaan yang tidak dimiliki oleh seorang manusiapun sebelum dan sesudahnya. Ada juga kisah seorang raja wanita yang berusaha menyogok Nabi Sulaiman demi mempertahankan kekuasaan yang dimiliki. Lain lagi uraian Al-Quran tentang laba-laba: Sarangnya adalah tempat yang paling rapuh (QS 29: 41), ia bukan tempat yang aman, apapun yang berlindung disana atau disergapnya akan binasa. Jangankan serangga yang tidak sejenis, jantannya pun setelah selesai berhubungan seks disergapnya untuk dimusnahkan oleh betinanya. Telurtelurnya yang menetas saling berdesakan hingga dapat saling memusnahkan.. Demikianlah kata sebagian ahli,. Sebuah gambaran yang sangat mengerikan dari sejenis binatang. Akan halnya lebah, memiliki insting yang dalam bahasa Al-Quran ­ Atas perintah Tuhan ia memilih gunung dan pohon-pohon sebagai tempat tinggal ­ (QS 16: 68) dan sarangnya dibuat berbentuk segi enam bukannya lima atau empat agar tidak terjadi pemborosan dalam lokasi. Yang dimakannya adalah kembang-kembang dan tidak seperti semut yang menumpuk-numpuk makanannya , lebah mengolah makanannya dan hasil olahannya adalah madu yang sangat bermanfaat bagi manusia. Lebah sangat disipli, mengenal pembagian kerja, dan segala yang tidak berguna disingkirkan dari sarangnya. Lebah tidak mengganggu kecuali gangguan datang lebih dulu padanya. Sikap hidup manusia sering kali diibaratkan dengan berbagai jenis binatang. Jelas ada manusia yang "berbudaya semut", yaitu menghimpun dan menumpuk ilmu (tanpa mengolahnya) dan materi (tanpa disesuaikan dengan kebutuhannya). Budaya semut adalah "budaya menumpuk" yang disuburkan oleh "budaya mumpung". Tidak sedikit problem masyarakat bersumber dari budaya tersebut. Pemborosan adalah anak kandung budaya ini yang mengundang hadirnya benda-benda baru yang tidak dibutuhkan dan tersingkirnya benda-benda lama yang masih cukup indah untuk dipandang dan bermanfaat untuk

digunakan. Dapat dipastikan bahwa dalam masyarakat kita, banyak sekali "semut" yang berkeliaran. Entah berapa banyak jumlah "laba-laba" yang ada disekitar kita, yaitu mereka yang tidak lagi butuh berpikir apa, di mana, dan kapan ia makan, tetapi yang mereka pikirkan adalah "siapa yang akan mereka jadikan mangsa". Nabi Muhammad S.A.W mengibaratkan seorang mukmin sebagai lebah, sesuatu yang tidak merusak dan tidak pula menyakitkan: Tidak makan kecuali yang baik, tidak menghasilkan kecuali yang bermanfaat dan jika menimpa sesuatu tidak merusak dan tidak pula memcahkannya. Dapatkah kita menjadi ibarat lebah, bukan semut apalagi laba-laba ? (Dikutip dari Lentera Hati) Kutipan Berita Nasional

(Penembakan Oleh Adiguna Sutowo)

Belum selesai kasus sang putri, anak mantan orang kuat Indonesia Soeharto, kini Presiden SBY harus menghadapi ujian lagi di tengah musibah nasional yang menimpa Aceh, yaitu dengan terlibatnya Adiguna Sutowo sebagai tersangka utama penembakan seorang pegawai (bar tender) Bar Fluid Club Hotel Hilton Jakarta, bernama Yohanes B. Haerudy, putra Flores berusia 28 tahun . Adiguna Sutowo, adalah anak dari alm. Ibnu Sutowo, mantan Bos Besar Pertamina yang pernah dijuluki sebagai Raja Minyak Indonesia pada tahun 70-an, dan juga adik dari Ponco Sutowo, pemilik Hotel Hilton. Pengusaha muda yang mewarisi puluhan perusahaan besar di Indonesia ini terkenal juga sebagai salah satu pereli nasional seangkatan dengan Tommy Soeharto. Penembakan yang terjadi pada tanggal 1 Januari 2005 sekitar jam 3.30 pagi sehabis pesta tahun baru di Club itu, berawal dari dikembalikannya kartu kredit yang diberikan teman wanita dari Adiguna, bernama Novia Hardiana alias Tinul, oleh Rudy (nama panggilan korban) karena kartu tersebut ditolak oleh mesin kartunya. Karena penolakan ini, si wanita menjadi marah-marah dan mengadukannya kepada Adiguna yang langsung mengacungkan revolvernya dan menembak pelipis atas kanan dari Rudy (yang bekerja untuk membiayai kuliah dan orang tuanya di Flores). Akibat peristiwa ini, sampai sekarang Adiguna masih ditahan di tahanan Kejaksaan Jakarta dan berkas-berkas dakwaannya termasuk barang bukti yang diperlukan telah diserahkan. Efek dari kasus ini adalah, ikut terkuaknya beberapa kasus yang melibatkan Adiguna, antara lain penggunaan obat terlarang (psikotropika) serta peristiwa penggunaan senjata api lainnya. Akankah kasus ini di peties kan seperti kasus-kasus besar lainnya, ataukah akan dituntaskan seperti janji Presiden SBY : "Penegakkan hukum harus dilaksanakan dan kasus ini tidak bisa ditoleransi". (MS/Tempo/Gatra/Kompas)

Tindak-Tanduk Kriminal

www.MentariTimur.com

13

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

(sambungan dari halaman 1) Perjalanan Haji

Banyak hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dalam melaksanakan rukun Islam yang ke lima ini, misal berkumpulnya jutaan manusia dari berbagai penjuru dunia dengan ragam warna kulit, bahasa, status sosial dan ekonomi, mereka menggunakan pakaian yang serupa yakni hanya lembaran kain putih, mereka datang ke mekah dengan tujuan sama memenuhi panggilan Allah. Dari situ tergambarkan bahwa hakekat kesamaan derajat manusia di hadapan Allah. Jabatan, pangkat dan harta, kurang berarti ketika mereka sedang melakukan ritual haji mereka melakukan hal yang sama dan berlaku sistem `first come first served' bukan sistem yang lain misal `pangkat yang tertinggi dilayani dulu'. Haji ini juga merupakan simulasi di padang masyar setelah seluruh manusia dari berbagai bangsa, warna kulit dibangkitkan dari kubur, mereka menghadap Allah sang hakim yang maha adil hanya berbekal diri dan amal. Sebelum menginjak ke penjelasan ibadah haji berikut definisi beberapa istilah dalam ibadah haji: a. Ihram adalah berpakain dua lembar kain warna putih yang tidak berjahit. Satu lembar dipakai seperti sarung yang menutup dari atas pusar sampai bawah lutut, dan yang lainya di selemmpangkan ke dada dan salah satu pundak. Pakaian tersebut di atas khusus untuk laki-laki. Sedang untuk perempuan adalah pakain biasa berwana putih yang menutup aurat. Dalam keadaan ihram ini jamaah dilarang mencukur segala jenis rambut, membunuh binatang, berhubungan sex, memotong kuku, melakukan ikatan pernikahan, dan memakai parfum. b. Miqat Makani adalah tempat (titik) di mana jamaah harus memulai ihram. Khusus jamaah yang datang dengan pesawat udara melalui kota Jedah, sebenarnya miqatnya adalah sebelum masuk Jedah, namun sebagian ulama berpendapat jamaah bisa memulai ihram dari bandara Jedah. Namun ada juga yang mengatakan bahwa jamaah sebaiknya mengenakannya sebelum masuk kota Jedah, misal untuk jamaah dari Amerika melalui Jerman, mereka memulai ihram dari Jerman. c. Tawaf adalah mengelilingi kabah 7 kali dengan arah berlawanan dengan jarum jam atau kabah berada di sebelah kiri jamaah. d. Wukuf (di padang arafah) arti bahasanya adalah berdiri. Wukuf di padang arafah adalah berdiam atau berada dipadang arafah pada tanggal 9 dzulhijah. e. Mabit (di musdalifah) artinya bermalam. Atau tinggal di musdalifah dari habis maghrib sampai lewat shubuh. f. Hajar aswad adalah batu hitam di salah satu pojok kabah sebagai titik awal dimulainya tawaf. g. Maqam Ibrahim, tempat dimana nabi Ibarhim berdiri waktu membangun kabah. h. Sa'i adalah bejalan dari safa dan marwa selama 7 kali dimulai dari safa berakhir dari di marwah. Ini untuk mengingat perjalanan siti hajar ketika mencari air buat bayi Ismail. Jarak safa dan marwa kurang lebih 150 meter. Titik safa sendiri berjarak sekitar 200 meter dari Ka'bah. i. Melempar jumrah adalah melempar kerikil ke tiang di Mina. Tiang ini sebagai gambaran setan. Jumrah ini ada 3 macam yakni besar menengah dan kecil. Setiap tiang jamaah melakukan 7 kali lemparan dengan membaca bismillah allaahu akabar. Gambaran Ringkas Ibadah Haji: 1. Tanggal 8 Dzulhijjah atau sebelumnya jamaah melakukan proses awal ibadah haji yang sama dengan proses umrah yakni: a. Berniat umrah dan haji ketika sampai di miqat. b. Memakai ihram. c. Membaca talbiyah. d. Ketika sampai masjdil haram, memulai tawaf dimulai dari tempat hajarul aswad, dengan membaca bismilahi allahu akbar, sambil berdzikir atau membaca surat al quran yang mudah. Sealam tawaf jamaah juga dibolehkan berbicara dengan orang sebelah. Ketika sampai antara rukun yamani dan hajar aswad jamaaha baca do'a singkat rabana atina fidunya hasanah dst. e. Setelah selesai tawaf jamaah disunahkan shalat di belakang maqam Ibrahim. f. Kemudian melakukan sa'i. g. Tahalul: mencukur rambut boleh sedikit atau banyak. h. Sampai proses ini, yang merupakan proses umrah telah selesai. Jamaah boleh melepas baju ihram dan menunggu sampai tangal 9 Dzulhijah pagi (8 dzulhijah malam) untuk pergi ke arafah. 2. Tangal 9 Dzulhijah . a. Jamaah mulai ihram dari tempat jamaah menginap, pergi menuju arafah. Arafah adalah di mana di situ ada jabal rahmah tempat bertemunya adam dan hawa, kurang lebih 9 mile dari mekah. Jamaah harus masuk arafah sebelum dhuhur. B. Setelah dhuhur masuk jamaah shalat dhuhur dan asar dijamak. Setelah itu jamaah tinggal di arafah dianjurkan baca quran, dzikir dan berdoa. Setelah sore menjelang maghrib jamaah berdiri, keluar dari tenda menghadap kiblat sambil berdoa proses ini dinamakan wukuf. b. Setelah shalat maghrib dan isha, jamaah pergi menuju musdalifah yang teletak antara arafah dan mina. c. Jamaah tinggal di muzdalifah sampai setelah subuh. Proses ini sering di sebut mabit (bermalam) di muzdalifah. d. Di muzdalifah ini jamah mengumpulkan kerikil untuk melempar jumrah di mina dianjurkan sekira 70 buah sudah termsuk cadangan kalau adal lemparan yang luput. 3. Tanggal 10 Dzulhijah a. Setelah shalat shubuh dan sebelum matahari terbit tanggal 10 Dzulhijah, jamaah berangkat ke mina melalui alMash'ar al-Haram, Di Mash'ar al-Haram berhenti dan

www.MentariTimur.com

14

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

berdoa sambil menunggu matahari terbit, sebelum melanjutkan perjalanan ke mina. b. Sampai di mina jamaha melempar jumrah ke tiang yang paling besar (jumrah aqabah). Pelemparan harus dilakukan sebelum dhuhur. c. Pada tanggal ini jamah melakukan korban yakni satu ekor kambing atu 1/7 sapi per jamaah, mencukur rambut. dan boleh melepas baju ihram. 4. Tanggal 11-12-13 Dzulhijah Jamaah tinggal di mina dan setiap hari melempar jumrah ketiga-tiganya yakni jumrotul ula (pertama), wustho.yang kedua .dan ketiga jumrotul qubro harus dilakukan setelah waktu dhuhur hingga malam. Setelah melempar jumrah tanggal 12 Dzulhijah sebenarnya jamaah sudah bisa meninggalkan mina menuju mekah untuk melakukan tawaf dan sa'i dan mencukur rambut. Namun bisa juga menunggu sampai tanggal 13 Dzulhijjah. Sampai di sini proses perjalan haji selesai, ihram bisa dilepas. Setelah merasa dukup di mekah jamaah bisa bersiap-siap melakukan tawaf wada (tawaf perpisahan) sebelum kemudian menuju madinah untuk berziarah ke masjid nabawi dan ke kubur rasullullah, abubakar dan umar. Beberapa Tip: 1. Dalam mepelajari manasik haji calon jamaah tidak seharusnya memaksakan untuk menghafal doa yang panjang sehingga merepotkan dan menjadi beban untuk itu. Pelaksanaan tawaf (mengelilingi kabah) misalnya jamaah cukup dengan berniat dan baca Bismillah Allaahuakbar lalu mengelilingi Ka'bah tujuh kali sambil berzikir atau baca ayat alquran yang mudah dihafal. Ketika sampai antara rukun yamani dan hajarul aswad bacalah doa singkat robbana atina fidunya hasanah dst. 2. Selama tinggal di Mekkah sebaiknya menggunakan air seperlunya atau sehemat mungkin, karena biasanya persedian air sangat terbatas terutama menjelang mendekati hari wukuf. 3. Pada saat mendekati wukuf ini panitia pelaksanaan pembersihan Ka'bah sangat sibuk. Pintu Ka'bah juga dibuka saat pada waktu dekat menjelang hari wukuf di arafah .Penulis pada waktu itu bulan september 1982 hadir di mesjidil haram sempat menyaksikan ketika kiswah (kelambu ka,bah) dibuka. 4. Aturlah waktu sebaik mungkin, jangan terlalu banyak membuang waktu untuk belanja, walau memang pertokoan banyak terdapat di sekeliling masjidil haram. Pasar seng misalnya itu terletak di belakang tempat orang melaksanakan sa'i (shofa) ingat tujuan jamaah datang ke tanah suci adalah untuk melaksanakan haji, bukan untuk belanja. 5. Pada waktu erkumpul di arafah di sinilah puncaknya acara, penulis anjurkan sebaiknya banyak lah berdoa memohon ampunan di sinilah waktu yang sangat baik untuk berdoa, dan jangan memaksakan diri untuk ke Jabal rahmah .karena sangat berbahaya penuh berdesak desak. Mengenai Hajarul Aswad, Umar Bin Khattab pernah berkata :sesungguhnya saya mengetahui bahwa engkau adalah batu yang tidak dapat memberi mudharat dan manfaat kalaulaulah bukan karena saya melihat Rosulullah mencium mu niscaya saya tidak akan melakukan nya (Bukhari-Musim). Umar berkata begitu karena pada saat itu masih dekat dengan masa penyembah berhala .Maka Umar khawatir orang orang menyangka bahwa mencium hajarul aswad termasuk mengagungkan dan menghormati batu batu sebagaimana yang dilakukan oleh orang orang arab jaman jahiliyah.karena itu ia ingin memberitahu kan kepada manusia bahwa mencium hajar aswad adalah sekedar mengikuti perbuatan Rosulullah saw, bukan karena hajar aswad itu memberi manfaat atau mudharat sebagaimana kepercayaan orang orang jahiliyah dalam melakukan penyembahan kepada berhala. Kabah disebut sebagi rumah ibadat pertama berdasarka Surat Ali Imran ayat 96: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Mengenai pelaksanaan Sa'i lihat s. al Baqarah 158: Sesungguhnya Safa dan Marwah adalah sebahagian dari syi`ar Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-`umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sai antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. Didalam surat ini disebutkan sebagian dari syiar Allah ,maksudnya tanda tanda atau tempat bertaatnya kepada Allah swt lalu diteruskan maka tidak ada dosa baginya,Allah swt menyebutkan tidak ada dosa ini disebabkan karena sebagian shahabat nabi merasa keberatan mengerjakan sa'i di tempat itu karena tempat itu bekas tempat berhala di zaman jahiliyah untuk menghilangkan keberatan itu lah Allah swt menurunkan ayat ini. Dalam manasik haji jamaah dapati istilah seperti: nafar awal, nafartsani, mabit, dan dan lain lain. Jemaah haji juga disebut duyufurrahman artinya Tamu Tamu Allah sebagai panggilan kehormatan bagi mereka yang melaksanakan haji ,mereka datang menziharahi Baitullah (rumah Allah). Lalu bagaimana dengan gelar haji/hajah. Sebetulnya gelar itu diberi oleh kaum muslimin seluruh dunia bahkan oleh kaum non muslim juga sama sama mengakui dan memanggil Bapak Haji/Ibu Hajjah, kecuali sebagian dari orang orang arab saja yang tidak menggunakan gelar itu. Di dalam syariat Islam tidak diperintahkan ataupun dilarang pemakain gelar haji tersebut, sebagaimana agama tidak memerintah/melarang orang orang yang mengajar dipanggil ustadz, sebetulnya gelar itu tidak merusak apa apa selama yang mempunyai gelar itu tidak bermegah-megah, riya (pamer) ,serta takabur (sombong) dengan gelar itu.

www.MentariTimur.com

15

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

People need to have faith because people need something that is strong and powerful to fill in their heart to guide them in this short scenario of life. We can see many people who have no faith that live without guidance and no exact direction. No wonder many of them always mock God and all of God's creatures because of their own falseness. And later on some of them turn in to anti-God or anti-believers that called themselves "atheist". Because they always thought that God never helped them or care about them, but always given them difficult problems. Well, they're wrong. They are always being ungrateful to the creator after God granted them all the five-senses of their body, their health, food, places to live and clothes. As we all know that difficult times never last long or forever. So if we are facing a problem, don't be like them. With believing, praying and asking to the God Almighty and also an effort from us, in God's will, it will be easy and painless as long as we are patient to ourselves. And also we need to be grateful enough to what God have given us all these objects that we have, we use, we wear and we waste. So let's inspect our selves together that faith is really important for people in the right path. The human being who's determined has a strong feeling of wanting know, he/she must be searching, studying and exploring for the most accurate, most beautiful, most truthful and the best answers for his/her problems. Just by believing truthfully in all of these variety of forms, from inside the deep blue sea to the highest point of the earth, from the tiny microscopic organisms to the giant prehistoric animals, earth, moon, sun, others planet, galaxies, and everything in this life are God Almighty's creations. We could say that we have the true faith. And from that moment, this faith will lead you and construct you to be a better shape of understanding the knowledge of preciseness of meaning itself.

(Islamic bulletin for Muslim teenagers)

In the name of God, Most Gracious and Most Merciful

The little summary of

*** Faith?

By : Raisa N.S

Many different points of views are inside our mind about faith. Sometimes, we have awful thoughts or questions about faith. What is faith? Why do we need to have faith? How can we have the true faith? That's what we're going to find out. Maybe some of us feel awkward or embarrassed to ask or discuss these problems to our parents or elders. Or it might be some of them who will think that you're a bad kid that is asking that kind of questions and will put you in the very strict religious school somewhere far far away. Because many of our folks still think that it is a shame, very bad sin or even bad luck to have those types of doubtful questions. It is natural for us as a human being to have those kind of questions. Islam does not forbid us to have those suspicious questions. So that's why in the Holy Quran it says "This is the book about which there is no doubt, a guidance for those conscious of God"(2:2), because in the Holy Quran it is already filled with all the answers by God Almighty that we need for any type of our questions, so there is no doubt in the Holy Quran. So this is just the short summary to respond to those questions. Religion is formed by faith, so faith is the key of success in the religion. Faith is just an ordinary word, simple to say and easy to hear. But it is difficult to describe, to understand and to identify. Faith's manner is personal, very private, and is the basis from our deep heart. Faith is from you, not from anybody else. Your faith is what you have convicted and surrender. In Islam, faith is really needed. A good Muslim has the good faith of understanding the God's commands and the forbidden ones. So faith is very important to construct your belief in religion because religion's meaning itself is the connection between the creature and the creator or the Khaliq (God Almighty). Then from there the religion keeps and builds the person ethical to be the person in the right path and the best conduct. Islam philosophers illustrate faith as beginning of the mankind development of the righteousness, beautifulness and the kindness. So basically faith is the inside of your heart.

A Short ­ true Islamic Story ; LOVE in LEARNING

A long time ago, there was a very great scholar living in Madina, the city of the Holy Prophet Muhammad (peace be upon him). It was Imam Malik (imam means authority on religion). He educated and gave lectures on the Holy Qur'an and the Hadith (words or deeds of the Prophet Muhammad {peace be upon him}). He was a very popular teacher in Islam at that time. Many of his students were come from around the world to be taught and skilled from the master. One day while Imam Malik was giving a lecture in the classroom suddenly arose a laud noise. It was from the outside the mosque. " It's elephant, elephant, elephant!!!" people shouted from the outside the mosque. Most of the people never saw an elephant. They only heard its name because elephant didn't populate in Arabia. The students who were attending on the lecture of Imam Malik couldn't

www.MentariTimur.com

16

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

refuse the excitement to see it, so the Imam excused them. All the students were out to see the elephant but the Imam looked at Yahya. Yahya was from Spain. He was alone in the classroom. Imam Malik asked him, "Yahya, my son, elephant is not found in Spain. Why don't you go to see a thing you have never seen before?" "My respected teacher", Yahya replied, " I have left my heart and home and come to you to seek knowledge of the religion. I have not come here from such a far off place to see an elephant." Imam Malik was impressed by the Spanish youth. He wished and blessed him in his cherished education. Later, Yahya grew up into a great scholar of his time in Spain. (From the Beacon Lights III, rewritten by Raisa Shafiyyullah)

B. They planned to tell Prophet Muhammed that they accepted Islam C. They also planned to migrate to Madina D. They planned to get him married to the wealthiest woman in Makkah 6." Allah (swt) warns the people who are "neglectful of prayers". Which Sura refers to this negligence ??. A. Surah Ad-Dhuha (Chapter 93, The Morning hour) help B. Surah Al-Alaq (Chapter 96, The Clot) help C. Surah Al-Maun (Chapter 107, The Small Kindness) help D. Surah Al-Inshirah (Chapter 94, Solace Relief) help 7. Which one should be the happiest occasion in one's life ? A. Eid al Fitr B. Eid al Adha C. The day, the Laws of Allah (swt) are established on the earth D. The day we are born. 8. Baligh is the time that one start responsible for his/her own deed and the deed start be counted, mandatory to perform shalat and fasting. When is that? A. When finish high school. B. When get married.. C. 18 years old. D. When start get period for girl, and start have sperm for boy. 9. What is "Jihad" mean ? A. To convert to a different religion B. To strive and struggle for the cause of Allah C. Unusual strength or bravery D. Go to war. 10. Which of the following statements is correct regarding the manners of reading the Quran:? A. Gathering in a group to read and study the Quran is recommended. B. Frequent reading of the Quran is recommended so that one can fully understand the Quran. C. The Quran is meant to be recited only at ceremonial openings and special occasions. D. A & B The winner December 2005 Quiz: 1. Karim A. 2. Aneesha Ahmad

Mentari Timur Youth Islamic Quiz

WIN: $50 Gift Certifitace/Cash + 2 Tshirt + 2 Pocket Prayer Rags

Rule and Regulation: 1. To join and answer the quiz please go to www.MentariTimur.com then Click "Remaja. 2. Participants must be born in the year 1979 or later (25 years old or younger). 3. The answer must be submitted by the 10th of the month (15 Feburari 2005). 4. If there are more than two person who can answer all the question correctly, the winner will be chosen randomly. 5. There are hints/helpers for some questions, please click help. Question: 1 How old was Khadijah (r.a.) when she married Prophet (s.a.w.) ?. help A. 30 B. 35 C. 40 D. 45 2. While the Prophet was alive, what was Zayd bin Thabit's job? A. He called the Muslims to prayer B. He wrote down verses of the Quran as they were revealed to the Prophet C. He led the Muslim armies into great battles D. He used to work at Prophet's Mosque 3. Zakah channels wealth from the rich to the poor. What is the basis of modern economic system based on interest ? A.It takes the wealth from the poor and hands it over to rich B.It takes the wealth from the poor & rich and then distribute C.It takes the wealth from the rich and give it to the richer D. It takes the wealth from the richest and give it to the poor 4. Name of the greatest scientists of Muslim Spain and was the greatest botanist and pharmacist of the Middle Ages? A. Jabir Ibn Haiyan help B. Abu Abdullah al-Battani help C. Muhammad al-Buzjani help D. Ibn al-Baitar help 5. What did the Quraysh tribe plan to do to the Prophet on the day he was ordered by Allah to migrate to Madina?? A. They planned to kill him.

_____________________________________________________

GoT a QueStiOn AbOuT IsIaM, iDeA aNd, OpInioN?...FeeL FreE To SenD iT.....tO: [email protected](resa)

www.MentariTimur.com

17

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

.......(Sambungan dari halaman 1)

ACEH - Bantuan dan Do'a

(Wilayah Aceh sebelum dan sesudah bencana) Bencana yang telah meluluh lantakkan propinsi Aceh ini (seperti terlihat pada gambar di atas), sampai berita ini diturunkan, telah mengakibatkan meninggalnya lebih dari 110,000 manusia dengan ribuan yang masih hilang, 35,000 anak menjadi yatim piatu, lebih dari 370,000 menjadi pengungsi, 380 sekolah hancur dan sekitar 60-80% bangunan lain yang ada di Aceh rusak. Saking hebatnya bencana ini, maka hampir seluruh warga dunia baik kalangan pemerintah maupun swasta tergerak untuk berlomba-lomba memberikan bantuan, baik berupa uang maupun bahan-bahan kebutuhan hidup. Pengumpulan dan pemberian bantuan ini juga telah menembus batas-batas ras, agama dan usia. Semuanya terpanggil untuk terlibat. Indonesia Muslim Foundation (IMF) sebagai wadah resmi (terdaftar sebagai organisasi non profit di USA) dari warga muslim Indonesia di California juga aktif dalam pengumpulan bantuan ini. Mengingat terbatasnya waktu, maka IMF mengumpulkan dana tidak dengan fundraising tapi dengan membuat brosur yang kemudian dibagikan langsung oleh beberapa koordinator IMF kepada sekitar 15 Mesjid atau Islamic Center yang ada di wilayah Los Angeles dan sekitarnya. Hasil yang diperoleh sampai dengan tanggal 15 Januari 2005 adalah sebesar lebih dari $ 20,000.00, dan pengiriman pertama telah dilakukan pada tanggal 5 Desember 2005 sebesar $ 13,276.00 kepada Yayasan Indonesia Cerdas- Jakarta yang mempunyai base camp bencana di Aceh. Insya Allah IMF akan terus

membuka dompet sumbangan ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini mengingat dampak yang sangat luar biasa yang harus ditanggung warga Aceh dan sekitarnya, dan tentunya kita sebagai umat Islam mempunyai kewajiban untuk membantu semaksimal mungkin terhadap saudara/saudari yang sedang mendapat cobaan ini. Sumbangan yang diterima, selain berbentuk uang juga ada dalam bentuk lainnya seperti pakaian dan lain-lain, dimana kemudian disalurkan melalui Tim Bantuan untuk Aceh yang telah dibentuk oleh KJRI-LA bersama-sama masyarakat Indonesia yang berada di wilayah akreditasi KJRI-LA. Selain melakukan pengumpulan dana secara langsung, IMF juga hadir pada malam fundraising untuk korban bencana Tsunami, yang diadakan oleh Islamic Relief-USA bekerjasama dengan Shura Council Southern California. Pada fundraising ini berhasil dikumpulkan sumbangan sebesar sekitar $ 1 juta, dimana keseluruhan hasil ini akan diberikan kepada korban bencana di beberapa negara. Dalam membantu korban bencana alam ini, warga dunia selain mengumpulkan sumbangan juga melakukan do'a, baik sendiri-sendiri sesuai keyakinannya masing-masing (di rumah maupun di tempat peribadatannya), ataupun secara bersama-sama melakukan renungan dan do'a menurut keyakinannya, yang oleh kebiasaan dunia Barat biasa disebut Candlenight Vigil. Masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya melakukannya di KJRI-LA pada tanggal 6 Januari 2005 dan dihadiri sekitar 300 orang dari berbagai etnis dan agama. IMF sendiri akan hadir dan menjadi salah satu pembicara pada malam Interfaith yang diselenggarakan oleh Interfaith Council of Garden Grove, Stanton and Westminster pada tanggal 20 Januari 2005. Dari musibah yang menimpa Aceh ini, ada hikmah yang dapat diambil, yaitu : "Semakin kuat iman seseorang, akan semakin besar pula cobaan (dalam segala bentuk) yang diberikan Allah SWT, dan pada akhirnya, dari semua cobaan dan musibah itu insya Allah akan ada kebaikan dan hikmah yang jauh lebih baik dari sebelumnya". (disusun dari berbagai sumber) ________________________________________________

www.MentariTimur.com

18

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

Jadwal Waktu Shalat Daerah Los Angeles dan Sekitarnya

Date 1/16/05 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 2/1/05 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Day Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun Mon Tue Wed Fajr 5:30 5:30 5:30 5:30 5:29 5:29 5:29 5:29 5:28 5:28 5:28 5:27 5:27 5:26 5:26 5:25 5:25 5:24 5:24 5:23 5:22 5:22 5:21 5:20 5:19 5:19 5:18 5:17 5:16 5:15 5:14 5:13 Sunrise 6:58 6:58 6:58 6:57 6:57 6:57 6:56 6:56 6:55 6:55 6:54 6:54 6:53 6:52 6:52 6:51 6:50 6:50 6:49 6:48 6:47 6:47 6:46 6:45 6:44 6:43 6:42 6:41 6:40 6:39 6:38 6:37 Zuhur 12:03 12:03 12:03 12:04 12:04 12:04 12:04 12:05 12:05 12:05 12:05 12:06 12:06 12:06 12:06 12:06 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 12:07 Ashar 2:47 2:48 2:49 2:50 2:51 2:52 2:52 2:53 2:54 2:55 2:56 2:57 2:58 2:58 2:59 3:00 3:01 3:02 3:02 3:03 3:04 3:05 3:06 3:06 3:07 3:08 3:09 3:09 3:10 3:11 3:11 3:12 Maghrib 5:08 5:08 5:09 5:10 5:11 5:12 5:13 5:14 5:15 5:16 5:17 5:18 5:19 5:20 5:21 5:22 5:23 5:24 5:25 5:26 5:27 5:28 5:29 5:30 5:31 5:32 5:33 5:34 5:35 5:36 5:37 5:38 Isya 6:34 6:35 6:36 6:37 6:38 6:39 6:39 6:40 6:41 6:42 6:43 6:44 6:44 6:45 6:46 6:47 6:48 6:49 6:50 6:50 6:51 6:52 6:53 6:54 6:55 6:55 6:56 6:57 6:58 6:59 7:00 7:00

KOTAK AMAL IMF

Established since December 27,2004

Tujuan

: 1. Membantu meringankan beban para korban bencana Aceh 2. Membantu para anak yatim piatu akibat bencana Aceh, dengan cara mengangkatnya menjadi anak asuh 3. Membantu fakir miskin di Indonesia Caranya : Berikan donasi dan dukungan anda secara langsung dan tetap (bulanan) ke Indonesia Muslim Foundation (IMF), baik berupa cash/check/money order Informasi : - Keterangan lengkap tentang program ini dapat dilihat pada Mentari Timur Online (www.mentaritimur.com) - Keterangan keuangan program ini dapat dilihat pada Donation Journal di www.mentaritimur.com

www.MentariTimur.com

19

Mentari Timur: Edisi Januari 2005 Sopan, Akurat dan Terpercaya

NASRUDIN PEMUNGUT PAJAK

Pada masa Timur Lenk, infrastruktur rusak, sehingga hasil pertanian dan pekerjaan lain sangat menurun. Pajak yang diberikan daerah-daerah tidak memuaskan bagi Timur Lenk. Maka para pejabat pemungut pajak dikumpulkan. Mereka datang dengan membawa buku-buku laporan. Namun Timur Lenk yang marah merobek-robek buku-buku itu satu per satu, dan menyuruh para pejabat yang malang itu memakannya. Kemudian mereka dipecat dan diusir keluar.Timur Lenk memerintahkan Nasrudin yang telah dipercayanya untuk menggantikan para pemungut pajak untuk menghitungkan pajak yang lebih besar. Nasrudin mencoba mengelak, tetapi akhirnya terpaksa ia menggantikan tugas para pemungut pajak. Namun, pajak yang diambil tetap kecil dan tidak memuaskan Timur Lenk. Maka Nasrudin pun dipanggil. Nasrudin datang menghadap Timur Lenk. Ia membawa roti hangat. "Kau hendak menyuapku dengan roti celaka itu, Nasrudin ?" bentak Timur Lenk. "Laporan keuangan saya catat pada roti ini, Paduka," jawab Nasrudin dengan gaya pejabat. "Kau berpura-pura gila lagi, Nasrudin ?" Timur Lenk lebih marah lagi. Nasrudin menjawab takzim, "Paduka, usiaku sudah cukup lanjut. Aku tidak akan kuat makan kertas-kertas laporan itu. Jadi semuanya aku pindahkan pada roti hangat ini."

Kisah Nasrudin

Segala saran dan masukkan baik berupa komentar maupun artikel harap dikirim ke email: [email protected], atau alamat: Redaksi Mentari Timur, PO Box 76747, Los Angeles, CA 900767365.

Redaksi Buletin dan Kotak Saran

Penasehat : Pemimpin Redaksi : Wkl. Pem. Redaksi/ : Redaktur Eksekutif Dewan Redaksi : Dwirana Satyavat Zainuril Muflih Mohamad Setiawan Ari Firmandi M. Setiawan Ari. F Sudarmadji Iwan Kurniawan Wisnu Boediono Herbayu Adi M. Wiryadimejo Raisa Shafiyyullah Betania Muflih Farhat Ambadar Adi Susmono Ratih. S, MD (Clarksburg) Suryo Boediono (Pittsburgh) Komang Wirakusuma (LA) Margono Wiryadimejo Anto Supriyanto Gendon Suprayitno Adji. S

Law Offices of Ray Hellwig

3333 Brea Canyon Rd, Diamond Bar, CA 91765 Phone: (909) 839-2800 Fax: (909) 839-2890 1-800-323-8111 (California Only)

Redaktur Remaja : Redaktur Agama :

Rudy Rudianto

Cellular: (909) 260-8344

Koresponden :

Welly Rey

Cellular: (909) 204-2545

Publikasi/Iklan: Fotographer : Webmaster :

Khusus Menangani Kasus Personal Injury: Automobile/Motorcycle/Bicycle Pedestrian/Slip & Fall/Dog-Bite Mengerjakan Pula: Terjemahan Lisan Maupun Tertulis Untuk Asylum

www.MentariTimur.com

20

Information

Microsoft Word - LAST_LAST upadated MT januari.doc

20 pages

Find more like this

Report File (DMCA)

Our content is added by our users. We aim to remove reported files within 1 working day. Please use this link to notify us:

Report this file as copyright or inappropriate

106965

You might also be interested in

BETA
Microsoft Word - Peta Zona Gempa.doc
Microsoft Word - DR-04042011.doc
Microsoft Word - LAST_LAST upadated MT januari.doc
ibk_edisi 2.indd